Android Akhirnya Punya "Emoji" yang Keren

Kompas.com - 15/04/2016, 14:47 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google akan merilis sejumlah desain emoji atau emoticon baru bersama dengan Android N. Emoji tersebut dirancang dengan bentuk yang lebih mirip manusia dan dilengkapi dengan berbagai ekspresi.

Selama ini emoji Android cenderung dianggap kurang menarik. Saat pengguna memakai dan mengirimkannya ke pengguna lain pun seringkali bentuknya berubah atau justru hilang karena platform penerima tak bisa membacanya.

Google akhirnya berniat memperbaiki masalah tersebut. Raksasa mesin pencari itu akan merilisnya sebagai bagian dari Android N.

Emoji terbaru ini terlihat lebih jelas merepresentasikan manusia, terlihat normal, dan memiliki variasi warna kulit. Pengguna akan lebih mudah memahami berbagai ekspresi yang ditampilkannya.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (15/4/2016), bila emoticon lama dan rancangan baru ini dibandingkan, pengguna akan menemukan perbedaan yang mencolok.

Contohnya saja emoji polisi di bawah ini. Pada versi saat ini bentuknya cenderung terlihat sebagai bulatan kuning yang diberi aksesori topi polisi, sedangkan rancangan baru di sisi kanannya terlihat mirip seorang polisi.

Google Perbandingan antara emoji lama dengan emoji baru untuk Android N
Emoji baru tersebut baru bisa dijajal oleh pengguna yang mengunduh Android N developer preview edisi terbaru. Dengan kata lain, baru tersedia untuk pengembang aplikasi saja dan belum bisa dijajal publik.

Google baru akan merilisnya ke publik saat penggarapan Android N sudah masuk fase terakhir. Bila garapan sistem operasi baru ini lancar sesuai jadwal, Android N kemungkinan bakal diluncurkan pada Oktober mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.