Kompas.com - 15/04/2016, 17:00 WIB
RoboHon, ponsel Android berbentuk robot bikinan Sharp VentureBeatRoboHon, ponsel Android berbentuk robot bikinan Sharp
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com — Di tengah seragamnya bentuk ponsel masa kini yang melulu didominasi touch screen, Sharp berani melempar model smartphone Android dengan rupa di luar kebiasaan.

Bernama RoboHon, ponsel pintar bikinan pabrikan Jepang itu tak ubahnya sebuah robot mungil, lengkap dengan sepasang tangan dan kaki.

Tingginya 19,5 cm, dengan berat 390 gram, dan cuma punya layar 2 inci di bagian punggung (berikut proyektor di kepala yang mampu memproyeksikan gambar HD) sehingga lebih mirip robot ketimbang ponsel.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (15/4/2016), RoboHon yang kali pertama muncul dalam tradeshow CEATEC, Oktober 2015, ini mampu melakukan aktivitas ala robot berbentuk manusia, seperti berjalan dan berdansa.

Ia dikendalikan melalui perintah suara. Beberapa fungsi lain, seperti memanggil taksi dan membantu mencarikan resep masakan, rencananya bakal ditambah.

Perancangnya berharap, RoboHon kelak bisa berfungsi sebagai "asisten" pribadi bagi pemiliknya, bukan sekadar berperan sebagai smartphone.

Di dalam, RoboHon memiliki jeroan setara ponsel Android low-end dengan prosesor Snapdragon 400, Android 5.0, dan kamera 8 megapiksel.

Sharp berencana memasarkan RoboHon di Jepang pada 26 Mei mendatang lewat operator NTT DoCoMo. Sayang, banderolnya terbilang mahal, mencapai kisaran 198.000 yen (Rp 24 juta) atau dua kali lebih tinggi dibandingkan iPhone model terkini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.