Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Uji Roaming Panggilan Suara VoLTE

Kompas.com - 16/04/2016, 14:42 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) semakin agresif mengimplementasikan teknologi 4G LTE mereka. Setelah merilis layanan Voice over LTE (VoLTE) komersil, Smartfren kini sudah mulai menguji kerja sama roaming internasional via layanan tersebut.

Pengujian tersebut bekerja sama dengan operator Korea Selatan LG Uplus. Hal yang diujikan antara lain berupa panggilan suara dan video melalui mode VoLTE.

Sejauh ini, menurut Departement Head Internasional Service Smartfren Novi Lestari, semuanya berlangsung lancar. Video bisa ditampilkan dengan mulus, tanpa lag sama sekali dan call setup bisa berlangsung cepat.

Namun sementara ini masih berupa uji coba saja, belum dibuka untuk layanan roaming komersil. Kedua operator masih membicarakan banyak hal, salah satunya soal tarif yang dibebankan antar panggilan roaming itu.

“Sejak peluncuran 4G kami uji coba panggilan roaming dengan mitra di Korea Selatan, yaitu LG Uplus. Kurang lebih sejak tiga bulan lalu. Tapi saat ini belum komersil. Nanti akan kami umumkan lagi setelah uji coba tuntas seluruhnya,” terang Novi dalam Peluncuran Aplikasi Smart VoLTE di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

“Kalau roaming VoLTE sudah diluncurkan untuk komersil, pengguna Smartfren akan bisa melakukan panggilan suara atau video ke luar negeri melalui VoLTE,” imbuhnya.

Novi menambahkan, di luar negeri saat ini sudah banyak operator yang merilis 4G LTE tapi hanya sedikit yang merilis VoLTE untuk komersil. Salah satunya adalah LG Uplus yang dipilih sebagai rekan kerjasama.

Soal roaming internasional, Smartfren saat ini sudah bisa dipakai di kurang lebih 245 negara di dunia. Roaming ini hanya sebatas panggilan telepon, berkirim pesan, serta koneksi data berbasis 4G LTE/3G/2G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com