Kompas.com - 17/04/2016, 11:58 WIB
Pesawat terbang melintas di atas gedung fasilitas uji produk Intel di Penang, Malaysia Oik Yusuf/KompasTeknoPesawat terbang melintas di atas gedung fasilitas uji produk Intel di Penang, Malaysia
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Produsen mikroprosesor Intel mengonfirmasi bakal merilis prosesor Celeron dan Pentium generasi baru. Keduanya akan hadir di semester dua 2016.

Generasi baru prosesor Celeron dan Pentium dari Intel itu diberi nama sandi "Apollo Lake." Prosesor ini bakal menjadi platform prosesor Intel murah berikutnya.

Kepastian tersebut diumumkan oleh Navin Shenoy, Corporate Vice President sekaligus General Manager Intel Client Group dalam pidatonya di ajang Intel Developer Forum (IDF) di Shenzen, China, Jumat (15/4/2016), seperti dikutip KompasTekno dari Digital Trends.

Menurut Shenoy, chipset Apollo Lake bakal memberikan peningkatan dalam hal performa CPU dan grafis dibandingkan dengan generasi prosesor Celeron dan Pentium sebelumnya

Intel belum merilis detil spesifikasi tentang Apollo Lake, yang pasti chipset-chipset ini tidak akan sekencang standar chip Core Intel yang dirancang berdasar arsitektur Skylake yang lebih canggih.

Melainkan, prosesor-prosesor tersebut dikembangkan berdasar arsitektur CPU hemat daya Intel yang dijuluki "Goldmont".

Intel akan merancang Apollo Lake untuk PC laptop atau dekstop kelas murah yang akan dipasarkan oleh vendor-vendor komputer mulai akhir tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan, Intel bakal mengumumkan prosesor Celeron dan Pentium baru ini di ajang Computex Taipei 2016 pada Mei - Juni mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.