Pemecahan Rekor "Super Mario Bros" Dipantau Pendeteksi Jantung

Kompas.com - 17/04/2016, 19:24 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rekor dunia terkait dengan game lawas Super Mario Bros kembali tercipta. Seorang gamer bernama Darbian telah dinobatkan menjadi manusia tercepat yang mampu menamatkan game yang pertama kali dirilis pada 1985 silam tersebut.

Darbian mampu menyelesaikan game Super Mario Bros ini hanya dalam waktu 4 menit 57,260 detik saja. Ia mengalahkan rekor sebelumnya, yang ternyata juga atas namanya sendiri, dalam waktu 4 menit 57,427 detik.

Ya, rekor tersebut hanya berbeda dalam hitungan mili detik saja. Meskipun begitu, perjuangan Darbian untuk mengalahkan rekor sebelumnya itu tidaklah mudah. Ia harus berlatih berbulan-bulan agar bisa mengetahui lokasi terbaik untuk melompat dan berlari.

Rekor tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Kotaku, Minggu (17/4/2016), dipecahkan dari sebuah konsol Nintendo Entertainment System (NES), yang telah dimodifikasi. Hasil modifikasinya membuat Darbian mampu menyiarkan permainan ke seluruh dunia.

Ia juga menyematkan pendeteksi detak jantung di tubuhnya agar penonton mengetahui kondisi jantungnya saat itu. Denyut jantungnya dipajang di satu layar yang juga menampilkan waktu, wajah Darbian, dan tampilan game yang dimainkannya.

Denyut jantungnya begitu kencang saat menyentuh akhir permainan, yakni mencapai 172 denyut per menit. Sebagai informasi, detak jantung yang normal berkisar antara 60 hingga 100 denyut per menit.

Tentunya, Darbian tidak benar-benar menyelesaikan semua tingkatan dalam game Super Mario Bros tersebut. Dalam game, Nintendo memang menyediakan jalan pintas resmi agar pengguna bisa melompati beberapa tingkatan.

Setelah ini, Darmian mengatakan tidak akan berusaha memecahkan rekor tersebut.

"Saya telah mencapai seluruh potensi dalam kategori ini--Saya telah selesai!," ujar Darmian. "Petualanganku telah berakhir".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kotaku
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.