Kompas.com - 18/04/2016, 11:35 WIB
Area layar iPhone 6 Plus yang luas juga dimanfaatkan Apple untuk menambah sejumlah tombol ekstra pada virtual keyboard ponsel ini ketika digunakan dalam orientasi landscape. oik yusuf/ kompas.comArea layar iPhone 6 Plus yang luas juga dimanfaatkan Apple untuk menambah sejumlah tombol ekstra pada virtual keyboard ponsel ini ketika digunakan dalam orientasi landscape.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple dipastikan menggunakan komponen buatan kompetitornya, Samsung untuk iPhone versi berikutnya, kemungkinan iPhone 7s.

Komponen yang dipasok Samsung mulai tahun 2017 adalah layar OLED (Organic Light Emiting Diode) untuk iPhone.

Nilai kontrak kesepakatan antara keduanya mencapai 2,59 miliar dollar AS, seperti dilaporkan The Korea Herald, dan dikutip KompasTekno, Senin (18/4/016).

Dalam kesepakatan tersebut, Samsung berkomitmen untuk memasok 100 juta unit panel layar OLED ukuran 5,5 inci dalam jangka satu tahun.

Dengan layar OLED ini, Apple bisa memangkas ketebalan perangkat iPhone sehingga menjadi lebih tipis lagi, pasalnya layar OLED tidak membutuhkan sinar backlight seperti dalam layar LCD.

Layar OLED juga mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih cemerlang, walau ongkos produksinya tinggi dan siklus umurnya relatif lebih pendek.

Rumor soal penggunaan layar OLED oleh Apple ini telah berhembus sejak Januari lalu, saat Apple dikabarkan mendekati vendor Samsung dan LG Display.

Kabar yang beredar selanjutnya adalah Samsung diketahui menanamkan modal hingga 7,47 miliar dollar AS untuk menambah kapasitas produksi layar OLED demi memenuhi kebutuhan Apple.

Selain Samsung, Apple juga kemungkinan akan meminta pasokan layar OLED dari LG Display dan vendor lain seperti AU Optronics dan Japan Display.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.