Kompas.com - 18/04/2016, 12:13 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah menelurkan Galaxy S7 pada Februari lalu, Samsung disinyalir bakal kembali meluncurkan lini ponsel phablet Galaxy Note 6 dalam waktu dekat. Beberapa bocoran fiturnya mulai beredar di ranah maya.

Salah satunya, Galaxy Note 6 dikatakan memiliki fitur pemindai retina mata alias "iris scanner". 

Hal tersebut pertama kali diketahui dari sebuah dokumen yang bocor, sebagaimana dilaporkan Sammobile dan dihimpun KompasTekno, Senin (18/4/2016).

Isi dokumen mengindikasikan bahwa Samsung pusat di Korea Selatan telah mengirimkan komponen kamera mata atau "iris cam" ke divisi penelitian dan pengembangan di India.

Komponen itu disebutkan sebagai bagian dari perangkat mobile Samsung. Tak dijelaskan secara spesifik bahwa perangkat yang dimaksud adalah Galaxy Note 6. Namun, lini itulah yang dijadwalkan akan meluncur setelah Galaxy S7.

Jika benar Galaxy Note 6 dipatrikan iris scanner, sistem keamanan perangkat tentu bisa lebih terjamin. Pasalnya, proses identifikasi untuk membuka ponsel bersumbu pada bagian tubuh pengguna yang benar-benar khas dan sulit ditiru.

Selain iris scanner, Galaxy Note 6 juga dikabarkan memiliki fitur ketahanan air (water-resistant) bersertifikasi IP68. Artinya, ketangguhannya benar-benar sama dengan yang disematkan pada Galaxy S7. Pengguna bisa menyelupkan ponsel ke air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Beberapa rumor lain yang santer beredar meliputi layar 5,8 inci, RAM 6 GB, dan sistem operasi Android N teranyar. Benar atau tidaknya baru bisa dipastikan pada peluncuran tengah tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.