Kompas.com - 18/04/2016, 14:12 WIB
Pusat gempa 7.1 pada Sabtu (16/4/2016) pukul 01.25 di Pulau Kyushu. USGSPusat gempa 7.1 pada Sabtu (16/4/2016) pukul 01.25 di Pulau Kyushu.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rententan gempa di Jepang bagian selatan disinyalir bakal berdampak ke industri elektronik, khususnya smartphone. Pasalnya, beberapa pabrik milik raksasa elektronik Jepang sampai menghentikan produksi hingga harus tutup akibat kejadian alam tersebut.

Salah satu yang terdampak cukup hebat akibat gempa tersebut adalah Sony. Perusahaan Jepang tersebut mengumumkan telah menutup dua pabrik yang bertugas untuk memproduksi komponen sensor kamera smartphone complementary metal-oxide semiconductor (CMOS).

Satu pabrik terletak di Kumamoto, yang berada di bagian selatan dari Kyushu. Sementara satu pabrik lainnya terletak di Nagasaki, yang juga berada di wilayah Kyushu.

Kyushu sendiri merupakan daerah terdampak gempa yang paling parah dalam kejadian kali ini.

Produksi iPhone terganggu?

Pasaran smartphone bisa jadi yang paling terdampak akibat tutupnya dua pabrik CMOS milik Sony tersebut. Pasalnya, Sony merupakan salah satu penyuplai komponen CMOS terbesar saat ini.

Sony, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Senin (18/4/2016), memiliki 40 persen pangsa pasar untuk urusan sensor gambar tersebut.

Salah satu konsumen terbesar Sony untuk komponen tersebut adalah Apple. Perusahaan itu memang diketahui menggunakan sensor kamera buatan Sony dalam iPhone.

Apple dikabarkan bakal memulai produksi iPhone terbarunya, iPhone 7, dalam waktu dekat ini. Dengan penutupan dua pabrik tersebut, ada indikasi bahwa proses produksi perangkat tersebut bisa terganggu.

Sony sendiri sudah memastikan bahwa stok CMOS miliknya masih tersedia untuk beberapa saat mendatang. Namun, dengan belum jelasnya kapan dua pabrik tersebut akan dibuka kembali, apakah stok tersebut masih bertahan, terutama untuk iPhone 7?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.