Kompas.com - 18/04/2016, 16:23 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Carrier Billing Indosat di Google Play Store sempat "bocor". Pelanggan sempat bisa mengunduh aplikasi berbayar sesukanya, bahkan ada yang mengaku mendapatkan aplikasi bernilai jutaan rupiah, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

Carrier billing yang dimaksud adalah pembelian konten, baik itu aplikasi, buku, atau film, di Google Play Store dengan cara potong pulsa.

Bila merujuk pada metode Carrier Billing yang biasa dipakai, mestinya pulsa pelanggan akan berkurang setara dengan harga aplikasi plus pajak. Tapi bug membuat pulsa pengguna Indosat tidak terpotong saat transaksi di Play Store.

Pantauan KompasTekno di media sosial, sejumlah pelanggan yang menemui kejanggalan tersebut berusaha mengonfirmasi masalah tersebut ke akun media sosial Indosat. Ada juga yang justru memanfaatkannya dengan mengunduh aplikasi hingga jutaan rupiah.

Kemudian, di sela hebohnya kebocoran Carrier Billing itu tersiar kabar bahwa pelanggan yang memanfaatkan bug tersebut akan ditagih oleh Indosat. Bahkan ada yang mengaku didatangi petugas resmi dan diancam pidana jika tak melunasinya.

Sudah selesai

Masalah bug pada Carrier Biling itu sendiri sempat menjadi ramai ketika diunggah sebagai topik percakapan ke media sosial. Salah satunya dalam thread forum internet Kaskus.

Namun bug yang terjadi pada Sabtu (16/4/2016) lalu itu hanya berlangsung singkat. Sekitar 5 jam saja.

Indosat mengakui adanya bug itu dan tim mereka sudah mengambil tindakan perbaikan. Carrier Billing pun bisa dipakai dengan cara normal seperti sediakala.

"Sudah diperbaiki (bug-nya). Sejak kemarin, Minggu (17/4/2016) pagi sudah berjalan normal lagi. Confirm, kita tidak akan charge apapun ke pelanggan," imbuh Head of Corporate Communication Group of Indosat Ooredo, Deva Rachman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.