Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Potong Pulsa Indosat di Play Store Sempat "Bocor"

Kompas.com - 18/04/2016, 16:23 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Carrier Billing Indosat di Google Play Store sempat "bocor". Pelanggan sempat bisa mengunduh aplikasi berbayar sesukanya, bahkan ada yang mengaku mendapatkan aplikasi bernilai jutaan rupiah, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

Carrier billing yang dimaksud adalah pembelian konten, baik itu aplikasi, buku, atau film, di Google Play Store dengan cara potong pulsa.

Bila merujuk pada metode Carrier Billing yang biasa dipakai, mestinya pulsa pelanggan akan berkurang setara dengan harga aplikasi plus pajak. Tapi bug membuat pulsa pengguna Indosat tidak terpotong saat transaksi di Play Store.

Pantauan KompasTekno di media sosial, sejumlah pelanggan yang menemui kejanggalan tersebut berusaha mengonfirmasi masalah tersebut ke akun media sosial Indosat. Ada juga yang justru memanfaatkannya dengan mengunduh aplikasi hingga jutaan rupiah.

Kemudian, di sela hebohnya kebocoran Carrier Billing itu tersiar kabar bahwa pelanggan yang memanfaatkan bug tersebut akan ditagih oleh Indosat. Bahkan ada yang mengaku didatangi petugas resmi dan diancam pidana jika tak melunasinya.

Sudah selesai

Masalah bug pada Carrier Biling itu sendiri sempat menjadi ramai ketika diunggah sebagai topik percakapan ke media sosial. Salah satunya dalam thread forum internet Kaskus.

Namun bug yang terjadi pada Sabtu (16/4/2016) lalu itu hanya berlangsung singkat. Sekitar 5 jam saja.

Indosat mengakui adanya bug itu dan tim mereka sudah mengambil tindakan perbaikan. Carrier Billing pun bisa dipakai dengan cara normal seperti sediakala.

"Sudah diperbaiki (bug-nya). Sejak kemarin, Minggu (17/4/2016) pagi sudah berjalan normal lagi. Confirm, kita tidak akan charge apapun ke pelanggan," imbuh Head of Corporate Communication Group of Indosat Ooredo, Deva Rachman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com