Kamera “Virtual Reality” GoPro Omni VR Dijual Rp 66 Juta

Kompas.com - 19/04/2016, 07:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Awal bulan ini, pabrikan action camera GoPro memperkenalkan kamera virtual reality (vr) bernama Omni VR yang menggabungkan enam kamera GoPro dalam sebuah rig khusus.

Informasi terbaru yang dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (19/4/2016) menyebutkan bahwa Omni VR bakal dibanderol seharga 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 66 juta.

Harga tersebut berlaku untuk paket lengkap, termasuk rig Omni VR, enam unit kamera GoPro, software Kolor untuk editing, smart remote, kabel-kabel, dan memory card. Rig Omni VR bisa dibeli secara terpisah seharga 1.500 dollar AS (Rp 19,7 juta).

Meski masih relatif tinggi untuk ukuran kantong konsumen awam, harga Omni VR sebenarnya relatif murah jika dibandingkan dengan kamera VR lain.

Rig Odyssey -juga buatan GoPro- misalnya, dihargai 15.000 dollar AS (Rp 197 juta), sementara kamera Ozo dari Nokia dan Surround VR buatan Facebook masing-masing memiliki banderol harga mencapai puluhan ribu dollar AS.

Bersamaan dengan informasi harga Omni VR, GoPro turut meluncurkan sebuah kanal online khusus bernama GoPro VR. Portal ini berisi aneka video VR terpilih yang direkam dengan kamera GoPro. Cara kerjanya mirip dengan kanal video on-demand untuk rekaman video reguler.

Untuk sekarang, GoPro VR baru berisi konten video VR dari atlet/pekerja kreatif yang disponsori oleh GoPro. Tapi tak menutup kemungkinan pengguna biasa pun nantinya bisa ikut serta memamerkan video virtual reality hasil rekaman sendiri.

Salah satu contoh video VR yang dibuat dengan kamera GoPro dapat dilihat dalam tayangan di bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.