Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera “Virtual Reality” GoPro Omni VR Dijual Rp 66 Juta

Kompas.com - 19/04/2016, 07:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Awal bulan ini, pabrikan action camera GoPro memperkenalkan kamera virtual reality (vr) bernama Omni VR yang menggabungkan enam kamera GoPro dalam sebuah rig khusus.

Informasi terbaru yang dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (19/4/2016) menyebutkan bahwa Omni VR bakal dibanderol seharga 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 66 juta.

Harga tersebut berlaku untuk paket lengkap, termasuk rig Omni VR, enam unit kamera GoPro, software Kolor untuk editing, smart remote, kabel-kabel, dan memory card. Rig Omni VR bisa dibeli secara terpisah seharga 1.500 dollar AS (Rp 19,7 juta).

Meski masih relatif tinggi untuk ukuran kantong konsumen awam, harga Omni VR sebenarnya relatif murah jika dibandingkan dengan kamera VR lain.

Rig Odyssey -juga buatan GoPro- misalnya, dihargai 15.000 dollar AS (Rp 197 juta), sementara kamera Ozo dari Nokia dan Surround VR buatan Facebook masing-masing memiliki banderol harga mencapai puluhan ribu dollar AS.

Bersamaan dengan informasi harga Omni VR, GoPro turut meluncurkan sebuah kanal online khusus bernama GoPro VR. Portal ini berisi aneka video VR terpilih yang direkam dengan kamera GoPro. Cara kerjanya mirip dengan kanal video on-demand untuk rekaman video reguler.

Untuk sekarang, GoPro VR baru berisi konten video VR dari atlet/pekerja kreatif yang disponsori oleh GoPro. Tapi tak menutup kemungkinan pengguna biasa pun nantinya bisa ikut serta memamerkan video virtual reality hasil rekaman sendiri.

Salah satu contoh video VR yang dibuat dengan kamera GoPro dapat dilihat dalam tayangan di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com