"Pelatih" Steve Jobs dan Mark Zuckerberg Meninggal Dunia

Kompas.com - 19/04/2016, 09:49 WIB
Pelatih para petinggi TI Silicon Valley, Bill Campbell, meninggal pada usia 75 tahun, Selasa (19/4/2016) waktu Indonesia. RecodePelatih para petinggi TI Silicon Valley, Bill Campbell, meninggal pada usia 75 tahun, Selasa (19/4/2016) waktu Indonesia.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pria di balik kesuksesan Steve Jobs, Mark Zuckerberg, dan Larry Page meninggal dunia pada usia 75 tahun, Senin (18/4/2016). Ia tak lain adalah Bill Campbell.

Nama Bill Campbell memang tak setenar ketiga muridnya tersebut. Namun, di balik kesuksesan pendiri Apple, Facebook, dan Google tersebut, peran Campbell tak bisa disepelekan.

Ia adalah pelatih dan penasihat para petinggi perusahaan teknologi di Silicon Valley. Selain tiga nama di atas, pendiri Amazon Jeff Bezos pun kerap meminta saran pada Campbell.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Campbell menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan tertidur. Ia diketahui telah lama mengidap kanker.

"Keluarga mengapresiasi semua cinta dan dukungan, namun untuk sementara butuh privasi," kata pihak keluarga.

Selain menjadi guru bagi Jobs, Zuckerberg, Page, dan Bezos, Campbell juga mendirikan perusahaan perangkat lunak keuangan bertajuk "Intuit". Ia juga pernah diberi jabatan strategis di Apple. Di luar ranah teknologi, Campbell pun sempat menjadi pelatih sepak bola di Columbia University, AS.

Dalam sebuah wawancara pada 2014 silam, Campbell mengaku tak tahu mengoperasikan HTML. Ia memang bukan penasihat untuk hal-hal teknis. Lebih spesifik, ia kerap diminta pendapat saat para pimpinan TI hendak mengambil keputusan.

"Saya hanya melatih mereka tentang bagaimana menjalankan perusahaan dengan baik," kata dia kala itu

Campbell meninggalkan seorang istri bernama Eileen Bocci Campbell, anak lelaki bernama Jim Campbell, dan anak perempuan bernama Margareth Campbell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.