Kompas.com - 19/04/2016, 11:20 WIB
Huawei turut meluncurkan perangkat VR EngadgetHuawei turut meluncurkan perangkat VR
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Huawei turut terjun ke industri realitas virtual alias "virtual reality". Dalam sebuah acara peluncuran di Shanghai, China, vendor tersebut memperkenalkan perangkat bertajuk "Huawei VR".

Headset itu kompatibel dengan tiga ponsel premium Huawei. Ketiganya adalah P9, P9 Plus, dan Mate 8.

Lalu, apa bedanya Huawei VR dengan Samsung Gear VR, HTC Vive, atau Oculus Rift yang sudah lebih dulu dikenal pasar?

Dilansir KompasTekno, Selasa (18/4/2016) dari Engadget, Huawei VR diklaim sebagai perangkat pertama yang mengakomodir kemampuan suara 360 derajat alias "360-degree sound field". Jadi Huawei VR tak hanya menampilkan video 360 derajat, suara yang dihasilkan pun 360 derajat.

Ini artinya, suara yang terdengar saat menikmati konten visual di headset tersebut benar-benar terasa seperti mengelilingi pengguna. Kesannya kurang lebih serupa dengan efek suara di bioskop-bioskop premium.

Namun, perlu diketahui bahwa kemampuan suara 360 derajat itu harus didukung konten yang memadai. Untuk itu, Huawei VR menawarkan 4.000 film gratis, 40 game gratis, dan lebih dari 150 tur panoramik visual dalam acara peluncurannya.

Jika ditilik dari segi desain, Huawei VR sepintas mirip dengan Samsung Gear VR. Sisi depan mematrikan kover layar yang di dalamnya sudah dijepitkan sebuah ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu saja ponsel tersebut menjalankan aplikasi VR yang didukung Huawei VR. Ada juga panel sentuh, tombol belakang, dan tombol volume, untuk menavigasikan perangkat.

Pengguna tak bisa memakai kacamata saat menggunakan Huawei VR. Sebagai solusinya, diopter lensa headset tersebut bisa disetel agar orang yang rabun jauh pun tetap bisa menikmati tampilan jelas, asalkan minus matanya masih di bawah 7.

Untuk spesifikasi, perangkat ini memiliki latensi 20ms dan luas jarak pandang 95 derajat. Diketahui, Samsung Gear VR menawarkan luas jarak pandang hingga 96 derajat. Sementara HTC Vive dan Oculus Rift lebih luas dengan 110 derajat.

Belum diumumkan harga patokan untuk memiliki perangkat VR buatan Huawei. Belum jelas pula kapan Huawei bakal memboyong perangkat tersebut ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.