Kompas.com - 19/04/2016, 12:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sistem operasi Android versi berikutnya disebut akan bisa mendeteksi tekanan di permukaan layar yang berbeda-beda. Fitur serupa sudah terdapat di perangkat iPhone dengan nama 3D Touch.

Google sendiri belum memberi nama untuk teknologi sentuh yang bisa mendeteksi sensitivitas tekanan itu di Android N.

Kabar tersebut muncul dari software uji (beta) Android N yang dirilis Google untuk para pengembang aplikasi minggu lalu, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/4/2016).

Dalam software versi beta tersebut, pembuat aplikasi dikatakan Google bisa membuat shortcut (tombol pintas) Android yang bisa ditampilkan di launcher aplikasi, sehingga pengguna bisa memilih atau melakukan fungsi tertentu di dalam aplikasi tersebut secara lebih cepat.

Misal di aplikasi Facebook, saat launcher Facebook ditekan lebih lama atau lebih keras, akan muncul menu baru yang bisa dipilih, seperti posting teks atau posting foto, dan sebagainya.

Dengan demikian, pengguna Android tidak perlu membuka aplikasi Facebook terlebih dahulu kemudian klik tombol Posting.

Dengan merilis fitur layar sentuh yang sensitif di sistem operasi versi beta lebih awal, Google berharap bisa mendapatkan masukan dari pengembang atau vendor pembuat ponsel.

Beberapa vendor ponsel dunia dan perusahaan pihak ketiga saat ini juga telah mengembangkan teknologi 3D Touch untuk layar mereka, atau dari sisi hardware, seperti Samsung, Xiaomi, dan perusahaan user interface Synaptic.

Dengan membuat teknologi ini di software-nya, Google membuat vendor-vendor tersebut harus bergantung kepada OS mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.