Kompas.com - 19/04/2016, 12:58 WIB
Ilustrasi drone Matrice 600 DJIIlustrasi drone Matrice 600
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Kalangan fotografer, sineas, dan profesional industri yang membutuhkan drone untuk mengoperasikan peralatan kamera berukuran besar kini punya alternatif baru berupa seri Matrice 600 (M600) dari DJI.

Dilengkapi enam buah rotor dan baterai berjumlah sama, M600 sanggup menerbangkan peralatan kamera dengan bobot hingga 6 kg selama 30 menit.

Seperti dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Selasa (19/4/2016), M600 dapat digunakan bersama unit kamera Zenmuse X5 dan X5R keluaran DJI yang sanggup merekam video 4K dengan sensor micro four-thirds.

Operatornya bisa pula memasang kamera profesional dari pabrikan lain, termasuk buatan Sony, RED, Panasonic, dan Black Magic, dengan memakai gimbal universal Ronin-MX yang diperkenalkan bersama M600.

DJI mendampingi M600 dengan flight controller baru bernama A3 yang dielngkapi tiga unit GPS dan tiga inertial measurement unit (IMU) sehingga diklaim mampu mengikuti rute terbang dengan tingkat akurasi hingga hitungan sentimeter.

Dengan video downlink baru bernama LightBridge 2, M600 bisa meneruskan video full-HD (1920x1080) 6- FPS dari jarak hingga 4,8 km.

M600 dijual seharga 4.599 dollar AS atau Rp 60,5 juta untuk seperangkat drone dengan flight controller A3 dan enam buah baterai. Tersedia pula paket bundel dengan Ronin-MX yang dihargai 5.999 dollar AS atau Ro 79 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SlashGear

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.