Asyik, "Counter-Strike" Bisa Dimainkan di Android

Kompas.com - 19/04/2016, 19:17 WIB
Counter Strike 1.6 kini bisa dimainkan di ponsel berbasis Android Alibek OmarovCounter Strike 1.6 kini bisa dimainkan di ponsel berbasis Android
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Berkat seorang programer andal, permainan Counter Strike (CS) versi 1.6 kini tidak hanya bisa dimainkan di perangkat PC. Permainan tembak-tembakan tersebut sudah bisa dinikmati di smartphone.

Permainan yang hingga saat ini masih cukup populer tersebut bisa dimainkan di smartphone berbasis Android.

Meskipun begitu, ini bukanlah game mobile versi resmi dari Valve. Ia juga bukan versi pembuatan ulang (remake) untuk Android.

Namun, CS versi 1.6 ini merupakan aplikasi PC yang dioprek agar bisa jalan di Android. Agar bisa dinikmati di perangkat Android, programer bernama Alibek Omarov mengembangkan sebuah file APK sebagai "jembatan".

Untuk menjalankan permainan ini, Anda diharuskan untuk memiliki data game CS 1.6 di akun Steam. Pasalnya, ada beberapa data dari game tersebut yang dibutuhkan untuk menjalankan game.

Kemudian, pemain juga harus mengunduh APK buatan Omarov dan memindahkan data yang dibutuhkan ke APK tersebut.

Setelah itu, pengguna diharuskan untuk memindahkan APK, lengkap dengan data dari CS 1.6 yang dibutuhkan, ke smartphone, untuk diinstalasi.

Satu hal yang harus diperhatikan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Selasa (19/4/2016), bermain game tembak-tembakan seperti CS 1.6 ini sangat sulit dilakukan di layar sentuh smartphone.

Untungnya, beberapa perangkat smartphone Android yang beredar belakangan ini sudah bisa dihubungkan dengan perangkat peripheral, seperti mouse dan keyboard. Tentunya, dengan dua perangkat tersebut, pengguna bakal lebih nyaman bermain game tersebut di Android.



Sumber Ubergizmo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X