Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, "Counter-Strike" Bisa Dimainkan di Android

Kompas.com - 19/04/2016, 19:17 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com — Berkat seorang programer andal, permainan Counter Strike (CS) versi 1.6 kini tidak hanya bisa dimainkan di perangkat PC. Permainan tembak-tembakan tersebut sudah bisa dinikmati di smartphone.

Permainan yang hingga saat ini masih cukup populer tersebut bisa dimainkan di smartphone berbasis Android.

Meskipun begitu, ini bukanlah game mobile versi resmi dari Valve. Ia juga bukan versi pembuatan ulang (remake) untuk Android.

Namun, CS versi 1.6 ini merupakan aplikasi PC yang dioprek agar bisa jalan di Android. Agar bisa dinikmati di perangkat Android, programer bernama Alibek Omarov mengembangkan sebuah file APK sebagai "jembatan".

Untuk menjalankan permainan ini, Anda diharuskan untuk memiliki data game CS 1.6 di akun Steam. Pasalnya, ada beberapa data dari game tersebut yang dibutuhkan untuk menjalankan game.

Kemudian, pemain juga harus mengunduh APK buatan Omarov dan memindahkan data yang dibutuhkan ke APK tersebut.

Setelah itu, pengguna diharuskan untuk memindahkan APK, lengkap dengan data dari CS 1.6 yang dibutuhkan, ke smartphone, untuk diinstalasi.

Satu hal yang harus diperhatikan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Selasa (19/4/2016), bermain game tembak-tembakan seperti CS 1.6 ini sangat sulit dilakukan di layar sentuh smartphone.

Untungnya, beberapa perangkat smartphone Android yang beredar belakangan ini sudah bisa dihubungkan dengan perangkat peripheral, seperti mouse dan keyboard. Tentunya, dengan dua perangkat tersebut, pengguna bakal lebih nyaman bermain game tersebut di Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com