Sony dan Panasonic Kembangkan “Blu-ray” 3,3 Terabyte

Kompas.com - 20/04/2016, 06:20 WIB
Optical Disc Archive System dari Sony dan Panasonic SonyOptical Disc Archive System dari Sony dan Panasonic
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Sony dan Panasonic terus berupaya meningkatkan kapasitas penyimpanan media cakram optis. Yang terbaru, kolaborasi dua perusahaan Jepang ini membuahkan “Optical Disc Archive System” generasi kedua dengan kapasitas ekstra lega, mencapai 3,3 Terabyte (TB) per keping.

Dirangkum KompasTekno dari PC World, Rabu (20/4/2016), media penyimpanan berbasis teknologi Blu-ray tersebut ditujukan untuk pihak-pihak seperti studio film dan televisi yang butuh menyimpan data berukuran besar untuk arsip.

Angka 3,3 TB (3.300 Gigabyte) terbilang luar biasa besar, apabila dibandingkan dengan media-media cakram optis terdahulu.

Awal mula perjalanan cakram optis sebagai penyimpan data digital ditandai oleh kehadiran pada awal 90-an. Kapasitasnya cuma 650 MB. Setelah itu muncul keping DVD dengan daya tampung mencapai 4,7 GB. Lalu Blu-ray, hingga kini ada Optical Disc Archive System.

Tak seperti harddisk magnetik atau media berbasis memori flash, cakram optis tak dirancang untuk dibaca dan ditulisi secara reguler sehingga skenario penggunaannya relatif terbatas.

Meski demikian, cakram optis tetap digunakan karena media ini bisa bertahan lama. Pihak Sony mengatakan kepingan cakram buatannya memiliki shelf life sepanjang 100 tahun.

Belum jelas apakah teknologi cakram optis berkapasitas besar ini akan “diturunkan” ke kepingan Blu-ray untuk konsumen atau tidak. Sejauh ini, kapasitas keping Blu-ray “reguler” dipandang masih mencukupi untuk video 4K.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PC World
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X