Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Android N, Punya Mode Virtual Reality?

Kompas.com - 21/04/2016, 07:34 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google membekali sistem operasi Android terbarunya dengan kemampuan virtual reality (VR). Saat ini developer atau pengembang aplikasi sudah bisa mencobanya melalui Android N edisi Developer Preview.

Beberapa hal yang bisa ditemukan di dalam sistem operasi Android berikutnya itu adalah rujukan mengenai VR Listener dan VR Helper. Ada juga informasi yang memberi tahu keberadaan aplikasi tertentu yang berjalan seiring dengan mode VR.

Sejak Februari lalu, desas-desus menyebutkan Google sedang merombak Android agar bisa mendukung teknologi VR yang kian populer.

Salah satunya menyebutkan bahwa Google mengizinkan aplikasi VR sebagai kunci pembuka layar lock screen ponsel. Tujuannya agar layar ponsel tidak mendadak padam saat didiamkan dalam headset VR dalam waktu lama.

Raksasa mesin pencari itu juga dikabarkan sedang mencari cara untuk membuat headset VR yang bisa dipakai tanpa harus terhubung komputer atau dipasangi ponsel, seperti headset-headset VR saat ini.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/4/2016), bukan hal yang mencengangkan jika Google mulai memacu pengembangan produk berbasis VR. Teknologi tersebut sedang naik daun dan digadang-gadang akan menjadi tren baru. Apalagi jika mengingat produk VR milik Google saat ini baru sebatas Cardboad App.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com