Kompas.com - 21/04/2016, 07:34 WIB
Ilustrasi The VergeIlustrasi
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google membekali sistem operasi Android terbarunya dengan kemampuan virtual reality (VR). Saat ini developer atau pengembang aplikasi sudah bisa mencobanya melalui Android N edisi Developer Preview.

Beberapa hal yang bisa ditemukan di dalam sistem operasi Android berikutnya itu adalah rujukan mengenai VR Listener dan VR Helper. Ada juga informasi yang memberi tahu keberadaan aplikasi tertentu yang berjalan seiring dengan mode VR.

Sejak Februari lalu, desas-desus menyebutkan Google sedang merombak Android agar bisa mendukung teknologi VR yang kian populer.

Salah satunya menyebutkan bahwa Google mengizinkan aplikasi VR sebagai kunci pembuka layar lock screen ponsel. Tujuannya agar layar ponsel tidak mendadak padam saat didiamkan dalam headset VR dalam waktu lama.

Raksasa mesin pencari itu juga dikabarkan sedang mencari cara untuk membuat headset VR yang bisa dipakai tanpa harus terhubung komputer atau dipasangi ponsel, seperti headset-headset VR saat ini.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/4/2016), bukan hal yang mencengangkan jika Google mulai memacu pengembangan produk berbasis VR. Teknologi tersebut sedang naik daun dan digadang-gadang akan menjadi tren baru. Apalagi jika mengingat produk VR milik Google saat ini baru sebatas Cardboad App.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.