Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Luncurkan MacBook Tertipis Rp 17 Jutaan

Kompas.com - 21/04/2016, 10:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Apple

KOMPAS.com — Apple merilis Macbook paling tipis dan ringan sepanjang sejarah. Dengan layar retina 12 inci, laptop tersebut hanya berbobot 900 gram dengan ketebalan 13,1 mm.

"Inilah masa depan notebook," kata Senior Vice President Worldwide Marketing Apple Philip Schiller, sebagaimana tertera pada situs resmi Apple dan dihimpun KompasTekno, Rabu (20/4/2016).

Schiller mengklaim, Macbook kali ini tak hanya memukau dari segi desain, tetapi juga dari sisi performa. Macbook ini antara lain menggunakan prosesor Intel Core M generasi keenam dengan kecepatan hingga 1,3 GHz.

Performa grafisnya pun dikatakan 25 persen lebih cepat dengan menggunakan Intel HD Graphics 515, begitu juga kecepatan penyimpanan data yang mencapai 1.866 MHz.

Baterainya dijamin tahan hingga seharian penuh dengan pemakaian standar. Untuk charging dan transfer data, Macbook terbaru menggunakan port USB-C.

Laptop mungil ini berjalan dengan sistem operasi OS X El Capitan dan didukung RAM 8 GB. Fitur-fitur yang dibenamkan antara lain "AirDrop" untuk transfer data cepat, "AirPlay" untuk menyambungkan laptop dengan Apple TV, serta fitur-fitur standar Macbook lainnya.

Apple sudah tersedia di situs resminya mulai 19 April kemarin. Varian warnanya adalah gold, silver, abu-abu, dan rose gold. Harganya dari 1.300 dollar AS (Rp 17 jutaan) hingga 1.600 dollar AS (Rp 21 jutaan). Belum jelas, kapan Macbook versi ini tersedia di gerai-gerai resmi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Apple

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com