Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film di Netflix Bakal Bisa Diunduh?

Kompas.com - 21/04/2016, 12:36 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Pengelola layanan streaming film Netflix sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan fitur menonton secara offline atau mengunduh film bagi para pelanggan.

Kemungkinan tersebut diutarakan langsung oleh CEO Netflix Reed Hastings dalam sesi tanya jawab di sela-sela pengumuman laporan keuangan kuartal pertama tahun 2016 Netflix.

"Kami seharusnya memiliki pikiran yang terbuka untuk ini (nonton film secara offline)," ujar Hastings, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Digital Trends, Kamis (21/4/2016).

Fitur itu sendiri sebenarnya sudah umum dimiliki oleh layanan streaming video on-demand lainnya.

Sejumlah layanan, seperti iTunes, Google Play, Amazon Prime Video, dan Hooq, sudah mengizinkan pelanggannya untuk mengunduh film dan menyimpannya di perangkat selama periode berlangganan.

Namun, Netflix selama ini selalu menolak kehadiran fitur unduh film tersebut. Layanan yang berpusat di Los Gatos, AS, ini beralasan bahwa AS sudah memiliki koneksi internet yang sangat memadai.

Dengan kondisi bahwa Netflix sudah berekspansi secara global, yakni lebih di 190 negara, situasi tersebut tentunya harus berubah. Pasalnya, masih banyak negara yang tidak memiliki kualitas internet sebaik AS.

"Setelah kami berekspansi ke seluruh dunia dan melihat tidak adanya kesetaraan jaringan, ini merupakan suatu hal yang membuat kami harus membuka pikiran," tutur Hastings.

Sayangnya, belum diketahui apakah Netflix benar-benar akan mewujudkan fitur tersebut pada masa mendatang. Jika jadi dihadirkan pun, tampaknya fitur tersebut hanya akan hadir di negara tertentu yang memiliki koneksi internet tidak terlalu baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com