Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadget Sepeda Acer Dilengkapi GPS dan Kamera Perekam

Kompas.com - 22/04/2016, 10:46 WIB
Tri Wahono

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Acer mengenalkan gadget untuk kegiatan bersepeda yang diberi nama Xplova X5 di ajang Next@Acer di New York, Amerika Serikat, Kamis (21/4/2016) pagi waktu setempat.

Jurnalis Kompas.com, Tri Wahono berkesempatan menghadiri acara peluncuran yang diselenggarakan di 4 World Trade Center.

Peranti Xplova X5 dijelaskan oleh CEO Acer, Jason Chen bisa dipakai untuk melacak aktivitas bersepeda dan merekam perjalanan.

Xplova X5 menggabungkan peranti penjejak rute bersepeda yang mengandalkan GPS, peranti pemantau kesehatan, sekaligus kamera aksi (action cam) dengan lensa sudut lebar dalam satu perangkat.

"Kami (Acer) telah mengakuisisi Xplova pada ajang IFA 2015 lalu. Setahun kemudian, setelah diakuisisi, kami berhasil menambah 15 juta orang pengguna," kata Chen di panggung acara. Awalnya hanya baru 5.000 pengguna, namun dalam 6 bulan naik menjadi 20.000 orang.

Kamera sudut lebar ala Go-Pro yang dimiliki Xplova X5 bisa diatur agar tidak merekam terus menerus, sehingga sesuai kehendak pengguna.

Tri Wahono/Kompas.com Acer memperkenalkan gadget untuk sepeda Xplova X5 pada sebuah acara peluncuran di New York, AS, Kamis (21/4/2016). Fitur istimewa dari perangkat ini adalah kamera yang terletak di bagian atas untuk merekam aktivitas perjalanan.
Pengguna bisa mengatur agar Xplova X5 mulai merekam dengan berdasar perintah tertentu, seperti saat detak jantung mulai meningkat.

Xplova adalah perusahaan komputer yang mengembangkan aksesori bersepeda berbasis GPS yang diakuisisi Acer pada 2015.

Saat itu, Chen mengatakan bahwa teknologi Xplova dan Acer jika digabungkan akan memperluas pengalaman pehobi bersepeda.

Menurut Acer, Xplova X5 mulai tersedia pada kuartal tiga 2016 dengan harga yang berbeda-beda di masing-masing negara. Acer belum menjelaskan apakah Xplova X5 juga akan dibawa ke pasar Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com