Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Terapkan NFV agar Internet Tidak Berat Sebelah

Kompas.com - 22/04/2016, 17:57 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata (XL) mulai menerapkan teknologi network function virtualization (NFV) pada jaringan telekomunikasi mereka. Teknologi ini dijanjikan bisa membuat koneksi internet tidak berat sebelah, tetap stabil meski trafik sedang dalam kondisi padat.

Vice President Network Planning XL Budi Harjono mengatakan, teknologi NFV bisa membuat pelanggan merasakan internet yang lebih stabil. Terutama saat suatu kawasan sedang dipadati oleh banyak orang.

“Misalnya ketika lebaran, orang-orang Jakarta bergerak ke Surabaya. Kapasitas di Jakarta kan jadi iddle dan Surabaya penuh. Nah, daerah yang penuh ini nanti bisa dibantu oleh kapasitas di Jakarta,” terang Budi.

“Proses ini terjadinya seamless. Jadi pengguna tidak akan merasakan apa-apa, hanya jaringannya tetap bisa dipakai berkomunikasi,” imbuhnya.

NFV sebenarnya bukan barang baru. Teknologi ini dirancang oleh berbagai pemangku kepentingan di industri telekomnunikasi untuk mengatasi masalah mahalnya biaya pembangunan layanan telekomunikasi baru.

Biasanya, operator mesti membangun layanan telekomunikasi menggunakan hardware dan software yang sudah sepaket. Misalnya, bila operator menggunakan satu merek tertentu, maka dia harus mengaplikasikannya ke seluruh jaringan.

Teknologi NFV dipakai untuk mengatasi masalah tersebut. Mereka bisa memakai perangkat  perangkat jaringan dengan merek serta lokasi berbeda dan NFV akan menjadi jembatan yang mengonsolidasikan seluruh rangkaian tersebut untuk menjalankan fungsi tertentu.

Singkatnya, karena rangkaian hardware dan software itu terkonsolodasi maka XL bisa dengan mudah mengatur kebutuhan kapasitas jaringan sesuai dengan situasi. Mereka bisa memakai kapasitas jaringan di Jakarta untuk membantu menopang jaringan di Yogyakarta.

“Implementasi NFV bakal membantu kami menyelenggarakan jaringan 4G LTE. Sekarang teknologi tersebut baru kami aktifkan di mobile packet core 3G dan 4G,” terang Chief Services Management Officer XL Yessie D. Yosetya, di kantor XL, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Yoga Hastyadi/Kompas.com Chief Services Management Officer XL Yessie D. Yosetya.

Dia menambahkan, saat ini NFV diimplementasikan pada core yang berada di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Pekanbaru. Core di Jakarta menangani 50 persen traffic XL, Surabaya 30 persen, serta Pekanbaru 20 persen. Bandung hanya difungsikan dalam situasi darurat.

Dengan cara tersebut, menurut Yessie, bisa menekan ongkos yang harus dibayarkan operator saat membangun jaringan telekomunikasi baru. Terutama karena mereka tidak perlu membeli paket hardware dan software baru, cukup mengalihkan sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com