Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai VPN, "Browser" Opera Bisa Dipakai Nonton Netflix AS

Kompas.com - 23/04/2016, 19:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pelanggan Netflix di Indonesia kini bisa menikmati konten-konten film dan serial televisi yang lebih beragam, dengan mengakses Netflix Amerika Serikat (AS) menggunakan browser Opera.

Caranya hanya dengan memanfaatkan fitur VPN gratis dan tanpa batas kuota (unlimited) yang baru saja dihadirkan oleh Opera dalam browser untuk komputer versi developer.

Baca: Pakai VPN Gratis, Browser Opera Bisa Buka Situs Apa Saja

Saat ini, pelanggan Netflix di Indonesia memang hanya disuguhi konten yang terbatas. Koleksi film dan serial televisi yang disajikan oleh Netflix di wilayah ini tidak sebanyak di negara lain, seperti AS.

Saat KompasTekno mencoba membuka Netflix dengan browser Opera yang di-setting menggunakan VPN Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (23/4/2016), koleksi-koleksi film yang ditampilkan di browser Netflix memang jauh lebih lengkap ketimbang di Indonesia.

Hanya saja, terkadang film yang ada di Netflix versi AS ini tidak bisa dimainkan di browser Opera tersebut. Pasalnya, Netflix memang sudah menegaskan bakal langsung menutup akses pemutaran film bagi pelanggan yang ketahuan menggunakan VPN.

Baca: Akses Curang Diblokir, Pelanggan Netflix Ngambek

Seperti diberitakan sebelumnya, Opera merilis browser baru yang terintegrasi dengan layanan VPN gratis dan tidak dibatasi kuota datanya.

"Hingga saat ini, kebanyakan layanan VPN dan server proxy cukup terbatas dan berbayar, Opera ingin membuat VPN tersedia untuk semua orang," demikian tulis Opera dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Selain bisa dipakai untuk menjelajah situs dengan lebih aman serta mengakses situs-situs yang dibatasi secara regional, VPN juga menurut Opera bisa melindungi browser saat menggunakan internet di Wi-Fi publik.

"Pengguna Opera desktop kita mendapatkan cara praktis untuk meningkatkan privasi online mereka, serta akses mudah ke semua konten online favorit mereka tidak peduli di manapun mereka berada," kata SVP Opera, Krystian Kolondra.

Browser ini masih bersifat Beta dan bisa diunduh melalui situs resmi Opera di URL Opera.com/developer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com