Kompas.com - 24/04/2016, 07:50 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pengembang aplikasi (developer) bisa menggunakan smartphone Sony Xperia Z3 untuk mencoba sistem operasi Android berikutnya yang akan dirilis oleh Google, Android N.

Kepastian tersebut didapat setelah Google dan Sony mengumumkan kerja sama berupa pengujian Android N Developer Preview di perangkat Xperia Z3, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Ars Technica, Minggu (24/4/2016).

Dengan kerja sama itu, pengembang aplikasi Android kini tidak harus memiliki ponsel Google Nexus untuk mencoba sistem operasi yang rencananya bakal diluncurkan Google di acara Google I/O pada Mei mendatang.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Sony Xperia Z3 dalam genggaman.
Pengumuman Google dan Sony ini di luar kebiasaan. Google biasanya menganakemaskan perangkat-perangkat buatannya sendiri, seperti Nexus dan Android One agar dapat mencicipi update lebih dahulu.

Meski demikian, Android N Developer Preview seperti biasanya, juga tetap bisa dicoba oleh pengembang dengan ponsel Android Nexus.

Sebelumnya, Google juga pernah bekerja sama dengan Sony dalam memberikan versi Android M Developer Preview (Marshmallow) di 17 perangkat buatannya untuk diuji pada 2015 lalu.

Tahun ini, selain Google Nexus, Xperia Z3 keluaran 2015 yang menjadi ponsel flagship Sony juga bakal dipakai sebagai rujukan pengembangan aplikasi untuk OS baru Google itu.

Pembaruan di sistem operasi Android terbaru Google itu antara lain adalah kemampuan menampilkan dua layar aplikasi secara bersamaan (split screen), panel notifikasi yang diperbarui, dukungan API grafis Vulkan, dan beberapa fitur Java 8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.