Kompas.com - 25/04/2016, 06:40 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Nikon meluncuran dua seri kamera terbarunya di Indonesia, yaitu kamera digital single lens reflex (DSLR) seri D5 dan kamera mirrorless Nikon 1 seri J5.

“Nikon D5 ini untuk pengguna profesional, sedangkan Nikon 1 J5 ditujukan untuk pengguna pemula atau mereka yang ingin memiliki kamera kedua,” terang Marketing Manager Nikon, Larry Handra melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Minggu (24/4/2016).

Apa saja kelebihan masing-masing kamera baru Nikon itu?

DSLR Full Frame 20,8 megapiksel

Nikon D5 adalah kamera bersensor full frame yang dirancang dengan auto focus lebih cepat dan akurat untuk mengunci objek bergerak. Produsen kamera asal Jepang ini menyematkan sebuah prosesor khusus untuk menangani auto focus tersebut.

Kelebihan lainnya, sensitivitas cahaya Nikon D5 yang bisa diatur hingga ISO 3 juta, 153 titik auto focus, resolusi 20,8 megapiksel, serta kemampuan merekam video 4K dengan kecepatan 30 frame per detik (fps).

Kamera full frame tersebut dibanderol dengan harga 6.500 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 80 juta.

Mirrorless dengan sensor 1 inci

Sedangkan kamera mirrorless Nikon 1 J5 dibekali dengan layar LCD 3 inci yang bisa diputar hingga 180 derajat. Keberadaan layar ini memudahkan pengguna memotret dari berbagai sudut yang sulit dijangkau dengan viewfinder (jendela bidik).

Nikon menyematkan sensor berukuran besar, 1 inci, dengan crop factor 2,7 kali dan resolusi 18,4 megapiksel. Ururan pemrosesan gambar diserahkan kepada prosesor Expeed 5A yang dijanjikan bisa memotret dengan kecepatan 60 fps.

“Buat kami, Nikon 1 J5 ini juga sebagai pendongkrak segmen kamera mirrorless. Sebab, pangsa pasar Nikon baru 15 persen di segmen mirrorless. Kami berharap J5 bisa mendorongnya naik hingga 25%,” pungkas Larry.

Kamera mungil ini dibanderol cukup terjangkau, yaitu 500 dollar AS atau di kisaran Rp 5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.