Kompas.com - 26/04/2016, 12:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama tak mau ketinggalan tren virtual reality (VR) yang tengah mengemuka di dunia teknologi. Pemimpin negara adikuasa itu menyempatkan diri menjajal sebuah kacamata VR dalam sebuah pameran industri teknologi yang berlangsung di kota Hannover, Jerman, awal minggu ini.

“Ini dunia baru yang berani,” komentar Obama usai menjajal headset VR itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ABC News, Selasa (26/4/2016).

Kanselir Jerman Angela Merkel yang mendampingi Obama dalam kesempatan itu ikut mencicipi VR lewat alat yang sama.

Keduanya tampak sedikit lucu di balik kacamata VR berhias sepasang mata mainan. Obama dan Merkel menjulurkan tangan ke depan wajah, seolah berusaha memegang sesuatu yang tampil di alam VR.

Apa persisnya yang mereka lihat? Sang pembuat kacamata VR yang dikenakan Obama dan Merkel, PMD, mengatakan bahwa perangkat bernama Pico Flexx tersebut merupakan sistem kamera 3D terkecil di dunia.

Kacamata VR ini dibekali kamera yang mampu mengenali dan melacak obyek di dunia nyata -seperti tangan Obama dan Merkel tadi- lalu menampilkannya dalam bentuk 3D di alam virtual secara real time.

Getty Images Presiden AS Barack Obama (kiri) menjabat tangan Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) saat Merkel sedang mengenakan kacamata VR

Kamera yang bertengger di bagian atas kacamata ini tersambung ke layar VR berteknologi Google CardBoard di dalam headset.

Dengan kata lain, Obama dan Merkel, melihat tangan mereka sendiri dalam bentuk virtual yang ditangkap oleh kamera dan diteruskan ke layar di dalam perangkat.

“Contoh penerapannya seperti antarmuka manusia dan mesin, bermain catur di dunia VR, memindai oyek atau lingkungan dengan smartphone untuk memulai kolaborasi 3D atau berbagi obyek 3D,” sebut PMD dalam keterangannya.

PMD sendiri adalah rekanan Google untuk urusan teknologi depth sensing dalam program augmented reality Projct Tango.

Selain kacamata VR, Obama dan Merkel turut melihat-lihat sejumlah produk teknologi lain dalam pameran di Hannover, termasuk robot dan printer 3D.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.