Data Pelanggan Spotify Bocor di Internet

Kompas.com - 26/04/2016, 13:11 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Daftar teks yang berisi ratusan akun dan password milik pengguna layanan streaming musik Spotify baru-baru ini beredar di internet.

Daftar tersebut muncul di situs Pastebin, layanan penyimpan teks secara online dalam periode tertentu. Data tersebut sudah muncul sejak beberapa hari lalu dan berisi informasi seperti e-mail, username, password, dan tipe akun (gratis atau berbayar).

Daftar tersebut juga menampilkan informasi kapan akun mereka akan diperbarui secara otomatis (auto renew), serta di negara mana mereka mendaftar.

Daftar tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari TechCrunch, Selasa (26/4/2016), bukan hanya berisi pengguna Spotify dari AS saja, melainkan juga dari berbagai negara.

KompasTekno belum mendapat informasi apakah ada akun dari pengguna di Indonesia yang juga dibobol.

Menurut Tech Crunch, pihaknya telah menghubungi beberapa alamat e-mail yang dibobol itu. Bisa dipastikan bahwa akun Spotify milih beberapa orang telah dibobol sejak beberapa hari yang lalu. Tech Crunch menolak memberikan tautan ke situs Pastebin demi melindungi konsumen.

Beberapa pengguna Spotify mengaku tidak bisa mengakses akunnya karena password yang biasa mereka masukkan ternyata salah. Mereka juga dikirimi pemberitahuan bahwa e-mail yang mereka pakai untuk mendaftar ternyata telah berganti.

Pengguna Spotify yang terimbas itu harus berhubungan dengan customer service Spotify untuk meminta agar akun mereka dikembalikan.

Selain itu, mereka juga mengatakan ada lagu-lagu yang mendadak muncul di daftar mereka, padahal tidak mereka tambahkan sendiri.

"Saya merasa akun saya telah dibajak sejak minggu lalu karena lagu terakhir yang diputar bukan lagu yang sering saya dengarkan," kata seorang korban pembobolan yang menolak disebut namanya.

Dibantah Spotify

Meski demikian, pihak Spotify melalui juru bicaranya membantah akun-akun penggunanya telah dibajak.

"Spotify tidak dibajak, data pelanggan kami tetap aman. Kami juga memonitor Pastebin dan situs-situs lain secara reguler. Saat kami melihat ada data rahasia Spotify, pertama-tama kami memastikan keasliannya, jika benar, kami akan memberitahu pengguna yang terimbas untuk mengganti passwordnya," demikian tulis keterangan resmi Spotify.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.