Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aplikasi Gratis Pengirit Baterai Android

Kompas.com - 26/04/2016, 19:50 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET


KOMPAS.com - Dengan aneka fungsi canggih di dalamnya, smartphone Android telah menjadi alat praktis nan serba guna untuk memenuhi berbagai keperluan. Konsekuensinya, pemakaian baterai pun menjadi boros.

Memang, banyak fasilitas yang tersedia untuk mengisi baterai saat sudah hampir habis, seperti powerbank atau colokan listrik di kafe, tetapi ini tak selalu praktis.

Nah, untuk menjaga baterai perangkat agar bisa bertahan selama mungkin sebelum repot mencari charger, pengguna Android bisa mencoba 6 aplikasi berikut, seperti dirangkum KompasTekno dari Cnet, Selasa (26/4/2016).

1. Greenify


Alih-alih mematikan aplikasi untuk menghemat baterai, Greenify mengatur aneka program yang berjalan di Android agar memasuki mode hibernasi.

Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin dihibernasikan agar tak menghalangi kerja program penting seperti alarm atau messaging.

Ponsel pun membutuhkan lebih sedikit daya untuk “membangunkan” aplikasi yang berhibernasi ketimbang memanggilnya kembali dari awal.

Bagi pengguna Android 6.0 Marshmallow, Greenify menyediakan fitur-fitur khusus yang mendompleng fungsi Doze, penghemat daya dari sistem operasi tersebut.

Fitur-fitur khusus Marshmallow ini termasuk Agresive Doze yang akan membuat ponsel memasuki mode hibernasi dalam beberapa menit setelah tak lagi dipakai, juga Shallow Hibernation untuk menghentikan sementara (suspend) background process tanpa mematikannya.

Klik tautan berikut untuk mengunduh Greenify.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com