Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Feature Phone" Masih Mendominasi di Indonesia

Kompas.com - 27/04/2016, 09:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah-tengah pemberitaan soal smartphone, penggunaan feature phone ternyata masih mendominasi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh hasil survei lembaga riset Pew Research Center untuk tahun 2015 yang melibatkan 40 negara, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Rabu (27/4/2016).

Di Indonesia, kepemilikan smartphone baru mencapai 21 persen, jauh lebih sedikit dibandingkan feature phone sebesar 56 persen.

Jumlah kepemilikan smartphone di Indonesia itu jauh lebih kecil dari negara tetangga. Contohnya, sekitar 65 persen warga Malaysia yang disurvei mengaku memiliki smartphone.

Tingkat penggunaan smartphone tertinggi tercatat berada di negara-negara maju seperti Korea Selatan yang menduduki urutan teratas dengan kepemilikan sebesar 88 persen dan feature phone hanya 12 persen.

Setelah Korea Selatan, Australia, Israel, Amerika Serikat, dan Spanyol menyusul berturut-turut. Di wilayah-wilayah ini, menurut Pew, warga yang disurvei lebih banyak memiliki smartphone dibandingkan feature phone.

Namun keadaannya memang terbalik di sejumlah negara-negara berkembang di Afrika dan Asia Selatan, di mana para responden yang memiliki smartphone jumlahnya jauh lebih sedikit dari pemilik feature phone.  

Pew Research Center Sebagian negara yang menduduki urutan teratas dalam hal kepemilikan smartphone, menurut survei Pew Research Center
Di India, misalnya, hanya 17 persen warga mengaku memiliki smartphone, sementara pemilik feature phone mencapai lebih dari 60 persen. Sebanyak 22 persen masih belum memiliki ponsel.

Di Ethiopia, mayoritas responden tak memiliki ponsel. Mereka yang punya telepon genggam lebih banyak memiliki feature phone dibanding smartphone yang angka kepemilikannya di bawah 5 persen.

Secara keseluruhan, angka tengah (median) untuk kepemilikan smartphone di antara 40 negara yang disurvei adalah 43 persen, feature phone sebesar 45 persen, dan 12 persen belum memiliki ponsel.

Dari hasil penelitiannya, Pew mengatakan bahwa smartphone masih memiliki ruang yang luas untuk bertumbuh di negara-negara berkembang.

Presentase pemilikan smartphone juga tak menggambarkan kondisi yang sebenarnya secara menyeluruh. Di India angka pemilikan smartphone memang baru 17 persen. Tapi penduduk negara ini mencapai 1 miliar orang sehingga tetap menjadi salah satu pasar smartphone terbesar di dunia.

Hasil riset Pew selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com