Ibu Rumah Tangga Lebih Cepat Serap Ilmu Program Komputer

Kompas.com - 28/04/2016, 06:17 WIB
Sanya Fatchi (27) tengah mengikuti pelatihan Coding Mum di Digital Lounge Telkom Malang, Kamis (31/3/2016). KOMPAS.com / Bambang PJSanya Fatchi (27) tengah mengikuti pelatihan Coding Mum di Digital Lounge Telkom Malang, Kamis (31/3/2016).
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu rumah tangga diketahui lebih cepat menerima atau belajar materi pemrograman komputer. Hal tersebut terlihat dari program Coding Mum yang telah diselenggarakan pada hari Senin (25/4/2016) lalu.

Pendiri Clevio Coder Camp Aranggi Soemardjan, salah satu pihak penyelenggara acara Coding Mum, bahkan sampai mengaku kaget dengan cepatnya penyerapan materi oleh kaum ibu rumah tangga tersebut.

Kecepatan dalam menerima materi pembelajaran ini cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan sebagian orang yang khusus memelajari bahasa pemrograman komputer sekalipun.

Aranggi juga mengungkapkan bahwa antusiasme terhadap program pembelajaran bahasa perograman itu juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan antusiasme tersebut tidak terbendung lagi oleh waktu dan batas usia.

Para peserta latihan, ujar Aranggi, bisa berdiskusi perihal bahasa program di grup WhatsApp hingga pukul 02.00 pagi.

Tingkat kepedulian tinggi

Menurutnya, peningkatan antusiasme itu terjadi menyusul kepedulian dan pemahaman yang sudah dimiliki terkait dengan relatif pentingnya pengetahuan mengenai bahasa pemrograman komputer.

Tantangannya sendiri adalah bagaimana membuat lebih banyak kaum ibu mengetahui dan memahami pentingnya bahasa program tersebut.

Aranggi berkata kebutuhan untuk hal tersebut memang relatif besar. Ini bisa dilihat dari sejumlah permintaan dari beberapa pihak. Permintaan itu bahkan datang tatkala sebagian ibu rumah tangga tadi belum lagi menuntaskan materi program yang mesti dipelajarinya.

Coding Mum sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan bahasa program komputer yang diadakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti Clevio Coder Camp. Acara ini telah bergulir sejak Februari lalu.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X