Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Punya Program Bantu E-Commerce Indonesia

Kompas.com - 28/04/2016, 17:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Raksasa E-commerce China Alibaba melalui anak perusahaannya, UCWeb menggelar program untuk membantu pelaku usaha e-commerce di Tanah Air.

Kampanye yang diberi nama Craddle Program itu oleh pelaku e-commerce di Indonesia yang berminat bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan berbagai sumber daya milik UCWeb.

General Manager Global Markets, Alibaba Mobile Business Group, Kenny Ye memaparkan bahwa saat ini perusahaan e-commerce lokal memiliki empat tantangan yang mesti diatasi, yaitu akuisisi pelanggan, user engagement, user experience dan brand awareness.

Craddle Program bermaksud mengajak pengusaha e-commerce bekerja sama mengatasi hal itu. Perusahaan yang mengikuti program ini bisa memanfaatkan sumber daya milik UC Web untuk menyelenggarakan kampanye bersama, memperkaya cara mendesain web, cara memikat pengguna hingga soal mendapatkan traffic menuju situs masing-masing.

Selain itu peserta juga akan dibantu dalam pengembangan produk. Misalnya dari segi desain user experience atau cara membuat halaman web agar bisa dibuka lebih cepat meski koneksi intenet sedang lambat.

“Jadi ini sebuah solusi terintegrasi yang bisa dipakai oleh e-commerce mana pun. Sekarang kami baru meluncurkannya di Indonesia. Kalau di sini sukses, maka kami akan meluncurkannya juga di negara lain,” terang Ye saat ditemui KompasTekno di ajang Indonesia E-commerce Summit & Expo (IESE), di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Rabu (27/4/2016).

“Indonesia adalah pasar yang besar bagi berbagai usaha dan merupakan hub internet bagi Asia. Kalau perusahaan bisa mengatasi tantangan yang ada di sini, maka perusahaan akan bisa menajalankan bisnis di negara lain. Begitu yang kami maksud dengan hub,” imbuhnya.

Kerja sama dalam Craddle Program ini, menurut Ye, tak cuma menguntungkan peserta saja. UCWeb juga ikut mendapatkan keuntungan karena bisa memakai e-commerce peserta untuk memberi nilai tambah pada konsumen.

Sekadar diketahui, UCWeb adalah perusahaan yang mengembangkan UC Browser di China. UCBrowser diklaim sebagai nomor dua terlaris di dunia untuk kategori mobile. Fitur yang mereka jagokan antara lain berupa kecepatan akses web serta penghematan kuota data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com