Kompas.com - 28/04/2016, 17:48 WIB
General Manager Global Markets, Alibaba Mobile Business Group, Kenny Ye saat ditemui di sela IESE, Rabu (27/4/2016). Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comGeneral Manager Global Markets, Alibaba Mobile Business Group, Kenny Ye saat ditemui di sela IESE, Rabu (27/4/2016).
|
EditorReska K. Nistanto

TANGERANG, KOMPAS.com - Raksasa E-commerce China Alibaba melalui anak perusahaannya, UCWeb menggelar program untuk membantu pelaku usaha e-commerce di Tanah Air.

Kampanye yang diberi nama Craddle Program itu oleh pelaku e-commerce di Indonesia yang berminat bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan berbagai sumber daya milik UCWeb.

General Manager Global Markets, Alibaba Mobile Business Group, Kenny Ye memaparkan bahwa saat ini perusahaan e-commerce lokal memiliki empat tantangan yang mesti diatasi, yaitu akuisisi pelanggan, user engagement, user experience dan brand awareness.

Craddle Program bermaksud mengajak pengusaha e-commerce bekerja sama mengatasi hal itu. Perusahaan yang mengikuti program ini bisa memanfaatkan sumber daya milik UC Web untuk menyelenggarakan kampanye bersama, memperkaya cara mendesain web, cara memikat pengguna hingga soal mendapatkan traffic menuju situs masing-masing.

Selain itu peserta juga akan dibantu dalam pengembangan produk. Misalnya dari segi desain user experience atau cara membuat halaman web agar bisa dibuka lebih cepat meski koneksi intenet sedang lambat.

“Jadi ini sebuah solusi terintegrasi yang bisa dipakai oleh e-commerce mana pun. Sekarang kami baru meluncurkannya di Indonesia. Kalau di sini sukses, maka kami akan meluncurkannya juga di negara lain,” terang Ye saat ditemui KompasTekno di ajang Indonesia E-commerce Summit & Expo (IESE), di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Rabu (27/4/2016).

“Indonesia adalah pasar yang besar bagi berbagai usaha dan merupakan hub internet bagi Asia. Kalau perusahaan bisa mengatasi tantangan yang ada di sini, maka perusahaan akan bisa menajalankan bisnis di negara lain. Begitu yang kami maksud dengan hub,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama dalam Craddle Program ini, menurut Ye, tak cuma menguntungkan peserta saja. UCWeb juga ikut mendapatkan keuntungan karena bisa memakai e-commerce peserta untuk memberi nilai tambah pada konsumen.

Sekadar diketahui, UCWeb adalah perusahaan yang mengembangkan UC Browser di China. UCBrowser diklaim sebagai nomor dua terlaris di dunia untuk kategori mobile. Fitur yang mereka jagokan antara lain berupa kecepatan akses web serta penghematan kuota data.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.