Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Selfie” Bukan Cuma Cara Narsis Proletar

Kompas.com - 29/04/2016, 08:30 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com – Selfie kerap dituding sebagai fenomena unjuk kenarsisan saja agar mendapat perhatian dari kawan-kawan dan pengguna media sosial.

Lalu, apakah tudingan itu masih tepat, bila sekelas kepala-kepala negara atau pemimpin wilayah yang sudah kepalang tenar masih kedapatan sering selfie?

Tengok saja gaya selfie Presiden Amerika Barack Obama di tengah periode kampanye Obamacare, program asuransi sosial yang dia inisiasi. Terjadi pada Februari 2015, Obama selfie memakai bantuan tongkat narsis (tongsis).

Sama seperti kelakuan para pelaku selfie lain, Obama berkali-kali memotret diri dengan berbagai macam ekspresi wajah dan bahasa tubuh.

Aksi genit Obama memotret diri ini pun tersebar dalam bentuk video yang disebarluaskan akun Facebook BuzzFeed Video.

twitter.com Akun Twitter terverifikasi Lukas Podolski memajang foto selfie pemain Arsenal ini dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Selasa (17/6/20140 pagi WIB. Foto ini diambil selepas pertandingan pertama tim nasional Jerman di Piala Dunia 2014 yang berakhir dengan kemenangan 4-0 atas Portugal.
Dengan gaya yang berbeda, Kanselir Jerman Angela Merkel juga sudah berkali-kali kedapatan selfie. Salah satunya adalah selfie bersama tim nasional sepak bola Jerman pada 2014.

Merkel larut dalam perayaan karena tim Jerman menjuarai Piala Dunia di Brasil, setelah mengalahkan Argentina dengan skor 1-0.

Para pemain Jerman mengabadikan momen langka  bersama sang kanselir dengan foto selfie.  Bahkan, striker Jerman,  Lucas Podolksi, mengambil kesempatan ber-selfie berdua bersama Merkel.

Selfie terjauh

Ya, Obama dan Merkel adalah dua pemimpin dunia yang gemar berfoto selfie. Mereka menepis anggapan hanya para proletar yang butuh faktor pembuat ketenaran saja yang melakukan selfie untuk diunggah di media sosial.

Karena itu, jika Anda punya kesempatan bertemu pejabat seperti mereka, foto diri adalah pilihan cepat dan tepat untuk mengabadikannya seperti yang Podolksi lakukan.

Memang, pengawalan super ketat para pejabatan tinggi negara bakal membuat kesempatan selfie bersama para pejabat itu menjadi sulit dilakukan. Untuk mewujudkannnya, butuh taktik, strategi, dan kreativitas.

Bila masih tak menemukan ide, Anda bisa meniru strategi selfie Hola Dara. Perempuan asal Bandung, Jawa Barat itu mendadak terkenal di dunia maya, gara-gara aksinya demi mendapat foto selfie bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Kalau posisi Dara berdampingan dengan Emil—panggilan Ridwan Kamil—unggahan itu tentu tak menjadi perbincangan. Yang ada, gadis berusia 24 tahun itu menandai merah foto yang dia unggah di Instagram sebagai lokasi Emil. Nah, posisi Emil ini teramat jauh.

Warga Bandung Selfie dengan Ridwan Kamil
Untuk menegaskan kembali ia selfie dengan Kang Emil, Darla menuliskan kalimat “Selfie bareng Kang @ridwankamil di Farmhouse. Asli beneran itu teh Kang Emil da, aku mah gak bohong” pada posting itu.

Dasar Emil juga doyan bercanda di media sosial, dia me-regram foto itu, dengan menambahi komentar, “Rekor MURI selfie terjauh. Selamat buat si Eceu. *LDsR: Long Distance Selfie Relationship”. Sontak terkenal-lah Darla karena itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com