10 Miliar Video Ditonton di Snapchat Setiap Hari

Kompas.com - 29/04/2016, 13:07 WIB
Snapchat SnapchatSnapchat
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Tak kurang dari 10 miliar video ditonton di Snapchat tiap harinya. Angka itu meningkat signifikan dari 8 miliar video per hari pada Februari 2016 lalu.

Menurut media sosial berlogo hantu tersebut, lebih dari sepertiga pengguna Snapchat menciptakan Stories. Maksudnya, mereka mengunggah foto dan video kehidupan mereka selama 24 jam secara intens.

Mulai dari bangun tidur, hendak mandi, berangkat sekolah atau kuliah, bersosialisasi dengan teman, mendengarkan lagu, menonton film, makan, hingga kembali ke tempat tidur.

Mayoritas pengguna Snapchat juga lebih sering mengunggah video ketimbang foto. Layanan bernuansa kuning tersebut diklaim mengubah cara hidup remaja zaman sekarang.

Tak heran, Facebook turut masuk ke lahan Snapchat. Jejaring sosial dengan basis pengguna aktif 1,65 juta orang tersebut mulai gencar mengembangkan fitur video.

Tahun ini, fitur video langsung alias live video digadang-gadang sebagai fitur prioritas Facebook. Fitur tersebut memungkinkan pengguna berekspresi lewat konten video secara real time.

Snapchat bakal tetap unggul

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski upaya Facebook terhitung ambisius, para analis memprediksi, Snapchat akan terus memimpin kancah media sosial berbasis video. Hal ini ditilik dari perbedaan mekanisme Snapchat dan Facebook dalam memperlakukan konten video itu sendiri.

"Pada Snapchat, percakapan tak hanya melibatkan foto dan video, tetapi justru percakapan dimulai dengan foto dan video," kata analis SunTrust Robinson Humphrey, Robert Pack, sebagaimana dilaporkan Bloomberg dan dihimpun KompasTekno, Jumat (29/4/2016).

Menurut Pack, Facebook ataupun Twitter melihat video hanya sebagai pelengkap, bukan elemen utama berkomunikasi. Selain itu, kedua platform masih fokus menghitung banyaknya pengunjung dan waktu yang dihabiskan di media sosial mereka.

Atas dalih tersebut, Pack dan beberapa analis lainnya yakin, kekuatan video Snapchat tak akan dilengserkan Facebook dan Twitter. Setidaknya, proses itu tak akan mudah.

Snapchat saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian. Rata-rata dari mereka menghabiskan waktu 25 menit hingga 30 menit untuk melihat-lihat konten teman.

Baca tentang


Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.