Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Miliar Video Ditonton di Snapchat Setiap Hari

Kompas.com - 29/04/2016, 13:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com — Tak kurang dari 10 miliar video ditonton di Snapchat tiap harinya. Angka itu meningkat signifikan dari 8 miliar video per hari pada Februari 2016 lalu.

Menurut media sosial berlogo hantu tersebut, lebih dari sepertiga pengguna Snapchat menciptakan Stories. Maksudnya, mereka mengunggah foto dan video kehidupan mereka selama 24 jam secara intens.

Mulai dari bangun tidur, hendak mandi, berangkat sekolah atau kuliah, bersosialisasi dengan teman, mendengarkan lagu, menonton film, makan, hingga kembali ke tempat tidur.

Mayoritas pengguna Snapchat juga lebih sering mengunggah video ketimbang foto. Layanan bernuansa kuning tersebut diklaim mengubah cara hidup remaja zaman sekarang.

Tak heran, Facebook turut masuk ke lahan Snapchat. Jejaring sosial dengan basis pengguna aktif 1,65 juta orang tersebut mulai gencar mengembangkan fitur video.

Tahun ini, fitur video langsung alias live video digadang-gadang sebagai fitur prioritas Facebook. Fitur tersebut memungkinkan pengguna berekspresi lewat konten video secara real time.

Snapchat bakal tetap unggul

Meski upaya Facebook terhitung ambisius, para analis memprediksi, Snapchat akan terus memimpin kancah media sosial berbasis video. Hal ini ditilik dari perbedaan mekanisme Snapchat dan Facebook dalam memperlakukan konten video itu sendiri.

"Pada Snapchat, percakapan tak hanya melibatkan foto dan video, tetapi justru percakapan dimulai dengan foto dan video," kata analis SunTrust Robinson Humphrey, Robert Pack, sebagaimana dilaporkan Bloomberg dan dihimpun KompasTekno, Jumat (29/4/2016).

Menurut Pack, Facebook ataupun Twitter melihat video hanya sebagai pelengkap, bukan elemen utama berkomunikasi. Selain itu, kedua platform masih fokus menghitung banyaknya pengunjung dan waktu yang dihabiskan di media sosial mereka.

Atas dalih tersebut, Pack dan beberapa analis lainnya yakin, kekuatan video Snapchat tak akan dilengserkan Facebook dan Twitter. Setidaknya, proses itu tak akan mudah.

Snapchat saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian. Rata-rata dari mereka menghabiskan waktu 25 menit hingga 30 menit untuk melihat-lihat konten teman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com