Kompas.com - 02/05/2016, 13:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Dalam sebuah acara di Bali pada akhir bulan lalu, CEO Netflix Reed Hastings berbicara soal pemblokiran yang dilakukan Grup Telkom (Indihome dan Telkomsel) terhadap layanan video streaming tersebut.

Dia mengatakan bahwa pemblokiran dilakukan bukan berdasar ketentuan dari pemerintah, melainkan inisiatif mandiri dari penyedia layanan internet yang bersangkutan.

Hastings pun berharap masalah blokir bakal mereda seiring dengan berjalannya waktu agar layanannya bisa diakses oleh para pengguna Telkom.

Baca: Bos Netflix: Pelanggan Telkom Berhak Memilih

“Konsumen mereka (Telkom -red), seharusnya sama seperti konsumen di seluruh dunia, punya kebebasan untuk memilih berlangganan Netflix,” ujarnya. Perkataan Hastings rupanya membuat merah telinga Telkom.

Dalam keterangan tertulis yang dilayangkan ke KompasTekno, Senin (2/5/2016),  Direktur Consumer Service PT Telekomunikasi Indonesia Dian Rachmawan mengaku sulit memahami pernyataan dari Hastings itu.  

“Bicara kok gak sopan dan arogan? Bikin pernyataan di rumah orang (Bali), hanya untuk adu domba sesama kita,” kata Dian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga menuding bahwa pernyataan Hastings tidak akurat bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia yang memblokir Netflix.

Ini karena China juga menerapkan pemblokiran serupa, meski pemerintah Negeri Tirai Bambu itu sebenarnya memang memblokir sebagian besar layanan internet populer dari barat, termasuk Facebook, Google, dan Twitter.

“Di Indonesia, mereka main selonong saja, tak ketok pintu. Gesture-nya sudah salah di awal,” lanjut Dian.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.