Kompas.com - 02/05/2016, 17:07 WIB
Craig Wright mengklaim sebagai Digitaltrends.comCraig Wright mengklaim sebagai "Satoshi Nakamoto", alias penemu mata uang digital Bitcoin
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Misteri tentang siapa sebenarnya pencipta mata uang digital, Bitcoin kemungkinan telah terkuak. Baru-baru ini, seorang pria mengaku sebagai "Satoshi Nakamoto," nama yang selama ini dianggap sebagai penemu Bitcoin.

Nama "Satoshi Nakamoto" yang selama ini dianggap sebagai penemu Bitcoin, ternyata hanyalah nama samaran saja yang dipakai oleh pria berkewarganegaraan Australia bernama Craig Wright.

Kepada media BBC, Wright bersikeras bahwa ia sebenarnya adalah Satoshi Nakamoto, nama samaran si pembuat cryptocurrency yang selama ini dikenal.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (2/5/2016), Wright telah memperlihatkan bukti-bukti yang mendukung pernyataannya tersebut kepada BBC. Bukti tersebut termasuk kunci cryptographic yang kemungkinan hanya dimiliki oleh Satoshi Nakamoto.

Baca: Inikah Satoshi Nakamoto, Pendiri Bitcoin?

Kunci itu sendiri dikatakan Wright digunakan dalam transaksi pertama Bitcoin pada tahun 2009 lalu.

Tanggapan komunitas Bitcoin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana pendapat dari komunitas Bitcoin itu sendiri? Menurut BBC, komunitas Bitcoin sepertinya mengakui klaim tersebut.

"Anggota terkemuka dari komunitas Bitcoin dan tim inti pengembangannya juga telah mengonfirmasikan klaim Wright," tulis BBC.

Selain itu, Jon Matonis, salah satu pendiri ternama Bitcoin Foundation pun meyakini bahwa Wright adalah penemu Bitcoin. Hal tersebut diyakininya setelah melihat beberapa bukti yang diajukan oleh Wright.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.