Headset VR Samsung Bisa Dipakai Tanpa Smartphone

Kompas.com - 02/05/2016, 19:11 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung berencana membuat headset virtual reality (VR) yang lebih canggih dari Gear VR. Headset generasi baru itu bakal bisa dipakai tanpa harus memasangkannya dengan ponsel.

Headset yang dimaksud juga dibekali dengan sensor penentu posisi yang kini sudah dipakai oleh Oculus Rift dan HTC Vive. Ada juga fitur baru seperti pembaca isyarat tubuh dan gerakan tangan.

“Kami sedang mengerjakan perangkat VR mandiri yang bisa dipakai tanpa harus memasangkannya dengan ponsel,” terang Head of R&D for Software and Services Samsung, Injong Rhee dalam sebuah konferensi pengembang aplikasi di San Francisco.

Rhee juga memberi catatan, meski rencana pembuatan headset VR tersebut sudah mulai berjalan, mereka mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk merilisnya ke pasar. Salah satu alasannya adalah karena industri VR cenderung baru, masih dalam tahap “bayi” yang baru lahir.

Seperti dilansir KompasTekno dari Variety, Senin (2/5/2016), untuk sementara waktu ini, Samsung berusaha memperkuat kinerja pasar headset Gear VR yang dirilis bersama dengan Galaxy S7. Headset ini masih membutuhkan ponsel Samsung sebagai layar dan alat komputasinya.

“Kami berpikir bahwa tahun 2016 pelan-pelan sedang berubah menjadi tahunnya teknologi VR,” ujar Director of Software Development Samsung, Andrew Dickerson.

Dickerson juga menyebutkan bahwa perusahaan berniat meluncurkan kamera Gear 360 pada pekan ini. Belum diketahui berapa harga kamera 360 derajat itu, namun desas-desus yang beredar menyebutkan bahwa harganya ada di kisaran 350 dollar AS atau setara Rp 4,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.