Google Siapkan "Trips", Aplikasi Khusus untuk Pelancong

Kompas.com - 02/05/2016, 20:09 WIB
Google siapkan aplikasi khusus untuk pelancong 9to5GoogleGoogle siapkan aplikasi khusus untuk pelancong
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Akhir tahun 2015, Google memboyong fitur bertajuk "Travel Bundles" pada kotak pesan masuk (Inbox) di Gmail. Fitur tersebut merangkum rencana perjalanan (itinerary) pengguna berdasarkan email yang diterima.

Pengguna bisa membagi Travel Bundles tersebut ke keluarga atau teman yang ikut bepergian. Semuanya diizinkan berkontribusi menambahkan keterangan tempat atau waktu pada itinerary, jika dirasa belum lengkap.

Sebagai kelanjutan fitur tersebut, Google sedang mempersiapkan aplikasi baru khusus untuk pelancong. Bertajuk "Google Trips", aplikasi itu akan lebih spesifik mengorganisir perjalanan pengguna.

Laman utama Google Trips memperlihatkan perjalanan-perjalanan pengguna di masa lalu dan rencana perjalanan di masa depan. Semuanya berbasis data yang dipindai dari pesan di Gmail.

Jika ada perjalanan yang luput dari Google Trips, pengguna bisa memasukkannya secara manual, sebagaimana dilaporkan 9to5Google dan dihimpun KompasTekno, Senin (2/5/2016).

Saat pengguna memilih sebuah destinasi, akan ada beragam aspek perjalanan yang muncul. Mulai dari reservasi, hal yang harus dilakukan (Things to Do), tempat-tempat yang telah disimpan (Saved Places), kuliner (Food & Drink), wilayah sekitar (Getting Around), dan hal-hal yang perlu diketahui (Need to Know).

Things to Do

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bagian Things to Do, pengguna bisa melihat destinasi populer di suatu tempat, lengkap dengan kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Misalnya rafting di sungai, memanjat tebing, atau sekadar bersantai di bawah sinar matahari pantai.

Mekanismenya kurang lebih sama dengan yang tertera pada Google Maps, yakni menganjurkan pengguna untuk mengunjungi tempat-tempat populer di sekitar. Hanya saja, antarmuka di Google Trips bakal lebih jelas dan mudah bagi pelancong.

Getting Around

Halaman:


Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X