Kompas.com - 03/05/2016, 10:09 WIB
Ilustrasi maskapai Australia, Qantas. istIlustrasi maskapai Australia, Qantas.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Penumpang di dalam pesawat Qantas penerbangan QF481 mendadak dihebohkan dengan nama hotspot WiFi yang tertangkap oleh salah satu penumpangnya.

WiFi Hotspot yang diberi nama "Mobile Detonation Device" itu tertangkap salah satu ponsel penumpang sesaat sebelum pesawat terbang.

Gara-gara nama hotspot itu, penerbangan QF481 rute Melbourne - Perth sempat tertunda sekitar 1,5 jam.

Penumpang yang menemukan nama WiFi hotspot yang mencurigakan itu pun melaporkan kepada awak kabin yang kemudian meneruskannya ke pilot di kokpit.

Pilot pun memutuskan untuk memastikan keamanan pesawat dengan mencari dari mana sumber hotspot itu berasal, sebelum akhirnya tinggal landas dari Perth pada Minggu (1/5/2016) pukul 21.55 waktu setempat.

Sejumlah penumpang dilaporkan turun dari pesawat setelah mengetahui kejadian tersebut, dan memutuskan untuk menunda perjalanannya atau berganti pesawat.

Namun setelah 1,5 jam, tidak ada penumpang di dalam pesawat yang mengaku.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, pihak Qantas mengatakan bahwa jangkauan WiFi hotspot itu sangat luas, bisa jadi berasal dari perangkat pengguna di terminal bandara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.