Kompas.com - 04/05/2016, 07:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren gencar mempromosikan teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang bisa dipakai untuk melakukan panggilan suara dan video melalui jaringan seluler 4G LTE yang digelarnya.

Soal kualitas, pihak Smartfren mengklaim bahwa voice dan video call yang disalurkan melalui teknologi VoLTE lebih jernih daripada memakai aplikasi OTT berbasis data internet.

“Dibanding Skype dan Line, VoLTE lebih jelas karena jalurnya lewat dalam jaringan Smartfren sendiri," sebut VP Special Project Network Smartfren Munir Syahda Prabowo, saat berbicara dalam acara peluncuran bundling kartu Smartfren dan Galaxy J1 di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca: Smartfren Rilis Paket Bundling Galaxy J1

"Skype dan Line mengalihkan trafik ke server di luar negeri dulu, karena itu kualitasnya kurang bagus,” imbuh Munir.

Tak seperti jaringan 2G dan 3G, 4G LTE sejatinya tak mendukung transmisi suara. Operator 4G LTE biasanya akan memakai jaringan 2G/3G saat pelanggan melakukan panggilan suara.

Nah, melalui protokol VoLTE, trafik voice (dan video) bisa turut disalurkan melalui jaringan 4G LTE tanpa harus beralih ke 2G/3G terlebih dahulu. 

Keuntungannya, bandwidth untuk transmisi suara lebih besar sehingga kualitas lebih baik. Panggilan suara dan koneksi data pun bisa jalan bersamaan.

“VoLTE ini benar-benar menggantikan fungsi voice tradisional yang dulu memakai 1x (1xRTT, untuk CDMA), atau 2G dan 3G. Kami tambahkan juga kemampuan video karena transmisinya sudah menggunakan data. Voice biasa tak bisa seperti ini,” tambah Munir ketika ditemui usai acara.

Di Indonesia, Smartfren mengklaim sebagai satu-satunya operator seluler yang sudah menerapkan teknologi VoLTE di perangkat dan jaringan 4G LTE.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.