Kompas.com - 04/05/2016, 10:52 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Facebook menjadi aplikasi yang paling nagih atau bersifat adiktif di perangkat mobile. Dalam artian, pengguna ingin terus membuka jejaring sosial itu berkali-kali dalam satu hari.

Fakta tersebut diungkap oleh divisi bisnis SurveyMonkey Intelligence dalam sebuah survei yang dilakukan kepada pengguna smartphone di Amerika Serikat, sepanjang Februari 2016 lalu.

Menurut SurveyMonkey, seperti dikutip KompasTekno dari blogresminya, Rabu (4/5/2016), aplikasi Facebook mobile dibuka 5,8 kali per hari oleh penggunanya.

Jumlah tersebut lebih tinggi satu hari dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lain yang disurvei, seperti Snapchat, Instagram, Line, Gmail, YouTube, dan sebagainya.

Alasan Facebook "nagih"

Mengapa Facebook begitu adiktif sehingga membuat penggunanya ingin membukanya berkali-kali? Menurut SurveyMonkey, hal itu dikarenakan algoritma Facebook dalam menampilkan konten di timeline-nya.

Linimasa yang terus berubah dari menit ke menit itu selalu menyajikan konten yang segar dan lebih baru dibanding terakhir kali mereka membukanya.

Hal itu berbeda dengan cara aplikasi lain menampilkan konten-kontennya, seperti Snapchat yang kalau melewatkannya, tidak bisa dilihat sama sekali setelahnya. Pun demikian untuk Timehop, yang hanya menampilkan foto yang sama dalam waktu 24 jam saja.

Untuk melihat daftar 50 aplikasi mobile paling adiktif yang dibuat oleh SurveyMonkey, kunjungi tautan berikut ini: surveymonkey.com/business/intelligence/the-50-most-addictive-mobile-apps/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.