Kompas.com - 04/05/2016, 13:45 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pemerintah India menolak permohonan izin Apple untuk mengimpor iPhone bekas yang telah diperbarui alias refurbished. Apple telah mengajukan permohonan tersebut sejak 2015 lalu untuk direalisasikan awal tahun ini.

Pemerintah India beralasan, ketersediaan iPhone refurbished dengan harga murah bisa jadi meningkatkan limbah pembuangan elektronik alias e-waste.

Selain itu, India juga sedang gencar menyuarakan gerakan pemakaian produk lokal atau Made-in-India. Jika iPhone murah dipasarkan di India, pemerintah khawatir masyarakat bakal enggan membeli produk lokal.

Demi meningkatkan pasar

Dilansir KompasTekno, Rabu (3/5/2016) dari TheVerge, tujuan Apple mengimpor iPhone refurbished tak lain untuk meningkatkan penjualan lini ponselnya di Negeri Kain Sutra.

Pasalnya, menurut CEO Apple Tim Cook, India merupakan negara konsumen yang potensial. Hanya saja, potensi itu terhalang harga iPhone yang terlampau tinggi.

Apple tak mungkin menurunkan harga pasar iPhone khusus di India. Untuk itu, satu-satunya jalan adalah mengimpor iPhone lawas yang telah digunakan dan diperbarui kembali.

"Orang India sangat ingin smartphone berkualitas," kata Cook. "Ponsel refurbished akan menekan harga agar lebih terakses," ia menambahkan.

Sebagai catatan, operator di India baru saja meluncurkan jaringan 4G LTE. Ekosistem yang semakin memadai juga dilihat sebagai indikator pasar iPhone yang bakal lebih membludak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.