Kompas.com - 05/05/2016, 19:38 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Fitur search pada Facebook relatif sulit dipakai untuk mencari posting, video, atau artikel yang sempat singgah di news feed tapi sudah terlewat. Padahal, sekali waktu tentu ada post menarik yang bakal berguna kalau bisa dilihat kembali dengan mudah.

Nah, daripada susah-susah melakukan scrolling untuk mencari sebuah post, Facebook sebenarnya menyediakan cara praktis yang bisa dipakai untuk menyimpan posting yang bersangkutan dalam sebuah laman khusus.

Dengan begini, pengguna bisa menyimpan aneka posting menarik dan membukanya lagi dengan mudah dan cepat, apabila sewaktu-waktu ingin dilihat.

Facebook sebenarnya sudah menyematkan fitur “save” untuk posting sejak dua tahun yang lalu. Namun, mungkin belum banyak pengguna yang tahu soal fitur berguna ini.

Lantas, bagaimana cara memakainya? Ikuti cara sederhana berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Rabu (4/4/2016).

Cara "save" posting di Facebook

Di kotak posting yang bersangkutan, klik tanda panah ke bawah yang terletak di pojok kanan atas. Sebuah menu drop-down akan muncul dan menampilkan sejumlah opsi yang bisa dipilih.

Salah satu opsi akan berbunyi “save post”, “save link”, atau “save video”, tergantung jenis konten yang diunggah lewat posting bersangkutan. Bisa juga berbunyi “save product” apabila post mengandung tautan ke situs e-commerce.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Opsi untuk menyimpan posting pengguna lain di Facebook dan lokasi penyimpanan saved post (panah merah)

Opsi inilah yang harus di-klik untuk menyimpan posting ke sebuah laman khusus di Facebook. Usai menyimpan, akan muncul sebuah notifikasi yang memberitahukan pengguna bahwa aksi “save” telah berhasil dilakukan.

Langkah di atas juga bisa dilakukan pada Facebook versi mobile yang diakses lewat browser maupun aplikasi.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Posting yang disimpan akan muncul di laman khusus

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.