Kompas.com - 06/05/2016, 13:07 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple Watch sejatinya menjalankan sistem operasi watchOS. Namun, siapa sangka bahwa arloji pintar buatan Apple ini bisa juga dipasangkan dengan OS lain.

Nick Lee, seorang Chief Technology Officer sebuah startup pengembang aplikasi, berhasil mengoprek dan memasukkan OS lawas milik Microsoft, Windows 95, ke perangkat tersebut.

Tidak hanya dipasangkan, OS itu juga mampu berjalan dengan baik. Menu Start ciri khas OS ini tampak bisa dioperasikan melalui layar sentuh berukuran 1,5 inci perangkat tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechRadar, Jumat (6/5/2016), usaha Lee memasukkan OS tersebut tidaklah mudah. Ia dikatakan harus melakukan berbagai macam penyesuaian.

Lee "dipaksa" untuk mengoprek bahasa pemrograman Windows 95. Kemudian dia menyesuaikannya agar sama dengan bahasa pemrograman pada aplikasi Watch.

Tanpa melakukan penyesuaian ini, sistem operasi Windows 95 dijamin tidak akan bisa berjalan di arloji buatan Apple tersebut.

Hasil oprekan Lee tersebut membuktikan bahwa perkembangan teknologi semakin canggih. Dulu sistem operasi seperti Windows 95 mesti dipasangkan dengan komputer desktop berukuran besar agar bisa berjalan.

Kini, hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi. Saat ini, kemampuan prosesor dan spesifikasi lainnya semakin canggih hingga bisa dipakai mengerjakan berbagai perintah yang lebih rumit dibandingkan prosesor era 90-an.

Lebih lengkapnya, Anda bisa menyaksikan Apple Watch bersistem operasi Windows 95 itu pada video di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechRadar


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.