Pakai Google Keyboard Terbaru, "Ngetik" di Android Cukup dengan Satu Tangan - Kompas.com

Pakai Google Keyboard Terbaru, "Ngetik" di Android Cukup dengan Satu Tangan

Kompas.com - 09/05/2016, 07:47 WIB
Google Logo aplikasi Google Keyboard

KOMPAS.com — Dengan ukuran layar yang relatif besar, smartphone Android terbilang sulit dipakai untuk mengetik dengan satu jari lantaran tombol-tombol huruf di virtual keyboard terpisah dengan jarak cukup jauh.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google memperkenalkan fitur baru berupa mode pengetikan dengan satu tangan (one-handed typing) pada update terbaru aplikasi Google Keyboard.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Senin (9/5/2016), untuk mengaktifkan mode ini, pengguna Google Keyboard tinggal menekan dan menahan tombol koma atau “,” sampai kemudian muncul ikon satu tangan di sebelah ikon gir (settings).

Begitu ikon satu tangan dipilih, maka Google Keyboard akan mengubah layout menjadi lebih kecil dan lebih rapat ke salah satu sisi layar (kanan atau kiri, bisa diatur kemudian) agar tombol-tombol virtual keyboard bisa lebih mudah dijangkau oleh pengguna.

Raymond Wong/ Mashable Tampilan mode satu tangan Google Keyboard

Microsoft Tampilan mode satu tangan di aplikasi keyboard Microsoft Word Flow untuk iOS
Perlu ditambahkan bahwa fitur ini hanya berlaku di Google Keyboard terbaru, yakni versi 5.0.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, hingga sekarang belum semua pengguna di Indonesia bisa mengunduh versi tersebut dari toko aplikasi Google Play Store.

Mode one-handed Google Keyboard ini mirip dengan layout khusus yang disediakan oleh aplikasi keyboard Microsoft, Word Flow.

Baca: Microsoft Rilis Aplikasi Keyboard Unik untuk iOS

Hanya saja, pada Word Flow, implementasinya sedikit berbeda karena bentuk papan ketik turut berubah jadi melengkung supaya makin mudah dijangkau.

World Flow baru tersedia untuk pengguna iOS. Microsoft menjanjikan aplikasi keyboard tersebut bakal turut dirilis untuk platform Android, tetapi tanggal pastinya belum diumumkan.


PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
Sumber Mashable

Close Ads X