Kompas.com - 09/05/2016, 11:38 WIB
CEO Apple, Tim Cook Adam Tow/AllThingsD.comCEO Apple, Tim Cook
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - China bukan negara yang mudah ditembus oleh Apple. Bos besar perusahaan gadget berlambang buah apel itu pun dikabarkan bakal terbang ke sana pada akhir bulan ini untuk “merayu” para petinggi Negeri Tirai Bambu.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Senin (9/5/2016), dalam kunjungan tersebut, CEO Apple Tim Cook dijadwalkan bertemu sejumlah pejabat senior dari pemerintah dan Partai Komunis China.

Agenda pertemuan masih belum diketahui. Yang jelas, Apple belakangan memang dilanda masalah di China. Dua layanan iTunes Movies dan iBooks, misalnya, bulan lalu diblokir oleh pemerintah negara itu.

Baca: China Blokir Layanan Buku dan Film Online Apple

Lalu, awal bulan ini, Apple harus rela berbagi merk dagang “iPhone” dengan sebuah brand lokal China setelah melalui proses panjang di pengadilan dan kalah.

Cook sendiri sebenarnya sudah sering bepergian ke China semenjak mengambil alih tampuk kepemimpinan Apple lima tahun lalu.

Namun, kunjungan berikutnya nanti boleh dibilang dilakukan di masa “krisis”. Kehadiran Cook diharapkan bisa memuluskan jalan Apple di China yang menjadi pasar terbesar kedua bagi perusahaannya setelah AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Apple Gagal Dapatkan iPhone di China

Dalam laporan keuangan terbarunya yang dipublikasikan bulan lalu, Apple mencatat penurunan penjualan sebesar 26 persen di China yang ikut menyeret angka penjualan iPhone global sehingga menurun untuk pertama kalinya sejak 2007.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.