Kompas.com - 09/05/2016, 12:28 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Jaringan fast-food ayam goreng KFC di China menjadi salah satu restoran pertama yang memanfaatkan jasa robot untuk melayani pengunjung. Sang robot yang bernama Dumi ditempatkan di sebuah concept store di kota Shanghai.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Metro, Senin (9/5/2016), kecerdasan buatan yang tertanam di Dumi membuat robot itu sanggup menerima pesanan dari tamu melalui perintah suara.

Pengunjung cukup memberitahukan menu apa yang hendak dipesan, layaknya berbicara kepada staf restoran biasa. Dumi pun bisa mengganti pesanan apabila tamu berubah pikiran.

Pembuatnya mengatakan, Dumi untuk saat ini masih sedikit kesulitan mengenali dialek dan aksen bahasa yang berbeda. Ia pun belum mampu menanggapi pesanan dalam bahasa Inggris.

Dumi adalah hasil kerja sama antara KFC dan raksasa search engine China, Baidu. Ia merupakan kulminasi hasil riset dan pengembangan artificial intelligence selama 10 tahun.

thenanfang.com Sosok robot Dumi
Outlet konsep bernama "Original+" yang menjadi "rumah" Dumi untuk sekarang berlokasi di National Exhibition and Convention Center di Shanghai. Melalui restoran eksperimental ini, KFC dan Baidu hendak menyajikan pengalaman digital bagi pengunjung.

Selain Dumi, restoran yang bersangkutan turut menyediakan layanan "digital". lain seperti wireless charging station dan pilihan mode pembayaran lewat layanan mobile payment, seperti Alipay, Tenpay, atau Baidu Wallet.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.