iPhone Dinobatkan Sebagai "Gadget" Paling Berpengaruh

Kompas.com - 09/05/2016, 20:37 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Mulai dari komputer antik dan kamera Polaroid hingga drone dan kacamata pintar. Sepanjang sejarah telah bermunculan aneka gadget yang berperan besar dalam mengubah aspek-aspek dalam kehidupan manusia.

Time, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (9/5/2016) melansir daftar berisi 50 gadget paling berpengaruh.

Ke-50 gadget tersebut mencakup aneka alat dari beragam kategori yang muncul di berbagai waktu berbeda mulai dari permulaan abad ke-20 (kamera Kodak Brownie) sampai abad ke-21 sekarang ini.

Di urutan teratas, Time menempatkan iPhone besutan Apple sebagai gadget paling berpengaruh. Ponsel pintar itu dipandang sebagai produk pertama yang berhasil menempatkan “komputer yang powerful” di dalam kantung pakaian.

iPhone menciptakan sebuah era baru di mana smartphone dengan antarmuka layar sentuh mendominasi pasaran dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan jutaan orang.

“iPhone adalah keluarga produk yang sangat sukses. Tapi, lebih dari itu, ia mengubah hubungan kita dengan komputer dan informasi secara fundamental- sebuah perubahan yang agaknya bakal terus terasa selama beberapa dekade ke depan,” tulis Time.

Inovasi lain dari iPhone yang dipandang mengubah cara orang-orang dalam berkomunikasi, berbelanja, bekerja, dan mengerjakan aneka tugas harian lain adalah software iOS dan toko aplikasi berisi aneka macam software yang bisa menyulap ponsel jadi alat serbaguna.

Tentu, meski dipandang paling berpengaruh, iPhone bukan satu-satunya gadget menarik dalam daftar. Time turut mencantumkan nama-nama legendaris lain seperti Sony Walkman, Nintendo Entertainment System, dan BlackBerry 6210.

Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.