Kompas.com - 10/05/2016, 17:01 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan kehadiran ponsel andalan barunya, G5 SE, Lg Electronics Indonesia berencana turut memasarkan aneka aksesori penamping untuk smartphone tersebut. Salah satunya adalah Rolling Bot, robot imut berbentuk bundar.

Product Marketing Manager Mobile Communications Division LG Electronics Indonesia Dias Aryo Wibowo mengatakan pihaknya berencana memasarkan Rolling Bot pada Juni mendatang.

“Harganya masih belum kami tetapkan, tapi mungkin berada di kisaran Rp 4 juta ke atas,” tutur Dias saat ditemui KompasTekno usai acara hands-on LG G5 SE di Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Baca: LG G5 Edisi Khusus Dijual Rp 8 Juta di Indonesia

Sesuai dengan julukannya, Rolling Bot yang berukuran kurang lebih sebesar bola sepak berdiameter 20 cm bisa bergerak kesana-kemari dengan cara menggelinding.

Bentuk Rolling Bot sepintas mengingatkan pada droid BB-8 di film Star Wars terbaru. Hanya saja, Rolling Bot hanya terdiri dari satu bagian dan tidak memiliki “kepala”.

Bisa jadi pengawas rumah

Di dalamnya tertanam mikrofon dan kamera 8 megapiksel yang mampu merekam video dan foto. Video ini bisa disalurkan secara live streaming lewat jaringan internet (via Wi-Fi) ke aplikasi di smartphone Android atau iOS yang sekaligus berfungsi sebagai pusat kendali Rolling Bot.

Dengan demikian, sang empunya bisa memanfaatkannya untuk memonitor kondisi rumah dari kejauhan. Rolling Bot juga mampu mengendalikan berbagai perangkat rumah tangga seperti TV dan AC dengan remote IR yang terintegrasi.

“Selain itu, Rolling Bot juga bisa menjalankan ‘pet mode’ dengan memancarkan sinar laser pointer sehingga pemilik bisa mengajak main hewan peliharaan meski sedang tak ada di rumah. Mode walkie-talkie ideal untuk memantau anak,” imbuh Dias.

Rolling Bot yang memiliki RAM 512 MB dan baterai 5.000 mAh ini bisa menyimpan gambar hasil tangkapannya di kartu memori micro-SD. Saat kehabisan baterai, ia akan “parkir” secara otomatis di sebuah charging station.

Selain Rolling Bot, LG akan turut memasarkan tiga aksesori lain, yaitu modul hardware LG Cam Plus dan LG Hi-Fi Plus untuk LG G5 SE, serta kamera virtual reality 360 derajat LG 360 Cam. Seperti Rolling Bot, harga ketiga aksesori lain ini masih belum ditentukan oleh pihak LG.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.