Resmi, Aplikasi WhatsApp Bisa Digunakan di PC dan Mac

Kompas.com - 11/05/2016, 07:52 WIB
WhatsApp luncurkan aplikasi desktop untuk Windows dan Mac WhatsAppWhatsApp luncurkan aplikasi desktop untuk Windows dan Mac
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan aplikasi desktop untuk pengguna Windows 8 ke atas dan Mac OS 10.9 ke atas. Ini merupakan kelanjutan dari WhatsApp Web yang tersedia pada browser sejak awal 2015 lalu.

Seperti melalui browser, aplikasi desktop memungkinkan pengguna mengobrol maya dengan teman atau keluarga di depan layar komputer atau laptop. Pada saat itu, smartphone boleh dianggurkan di laci atau kantong celana.

Namun perlu diingat, WhatsApp sejatinya adalah aplikasi mobile. Akses WhatsApp via situs maupun aplikasi desktop hanya berfungsi sebagai pelengkap atau mirroring.

Baca: WhatsApp Bakal Bisa Kirim File Apa Saja

Pengguna harus tetap mengaktifkan aplikasi WhatsApp di smartphone atau tablet untuk bercakap di WhatsApp Web atau aplikasi desktop, sebagaimana tertera pada blog resmi WhatsApp dan dihimpun KompasTekno, Rabu (11/5/2016).

Silakan buka tautan ini untuk mengunduh aplikasi desktop. Lalu pengguna bisa mengaktifkan akun WhatsApp di desktop dengan memindai kode QR dari aplikasi mobile terlebih dahulu.

Baca: Begini Cara Membuat Huruf di WhatsApp Jadi Bold dan Italic

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, aplikasi desktop akan memproses semua percakapan yang dilakukan pengguna via aplikasi mobile. Sinkronisasi semacam ini juga terjadi antara aplikasi mobile dengan situs WhatsApp.

Baca: Tanda WhatsApp Sudah Aman Dipakai Ngobrol Rahasia

Diketahui, pengguna aktif WhatsApp saat ini mencapai 700 juta. Ketersediaan layanan tersebut di tiga platform diharapkan mampu mendorong adopsi yang lebih besar dan meraup waktu penggunaan lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.